Kerajan Karo Gunung Merlawan

0
902
Tapin Dilaki Pancur Pangguh Lau Cimban di Kampung Gunung Merlawan.

Oleh: Sada Arih Sinulingga (Kutalimbaru)

 

Kampung Gunung Merlawan terletak di hulu Sungai (Lau) Belawan. Sekarang kampung ini masuk ke Desa Namomirik (Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang). Dahulu merupakan pusat sebuah Kerajaan Karo yang didirikan oleh Tambat Sinulingga, dipanggil gelar Raja Mulia. Kepada rajanya dipanggil Sibayak Raja.

Yang menjadi raja terakhir adalah Sibayak Itam Sinulingga dikenal juga dengan sebutan Datuk Itam Sinulingga yang ikut menjadi korban pada tragedi Revolusi Sosial tahun 1947. Sejak itu, hapuslah sistem pemerintahan lokal berbudaya Karo karena Indonesia telah merdeka dan tegaknya Negara Kesatuan Repoblik Indonesia (NKRI).

Wilayah Kerajaan Karo yang berpuat di Gunung Merlawan itu meliputi lereng Sibayak ke arah hilir dari perbatasan Kabupaten Deliserdang dengan Kabupaten Karo sekarang. Wilayah ini berbatasan dengan wilayah Sunggal Serbanyaman dan Binjai Langkat (Lau Bilung Namoterasi).

Kerajaan Gunung Merlawan terdiri atas 3 perbapaan:

1. Perbapan Gunung Merlawan (Merga Sinulingga sekaligus juga jadi Sibayak Raja); terdiri atas puluhan kampung yang didirikan oleh merga Sinulingga.

2. Perbapan Kutambaru (merga Sinulingga), sekarang ibukota dan nama Kecamatan Kutalimbaru ) terdiri atas puluhan kampung yang didirikan oleh merga Sinulingga.

3. Perbapaan Taburen (merga Surbakti) terdiri atas puluhan kampung yang didirikan oleh merga Surbakti.





Leave a Reply