Koleksi Antik Joseph Tarigan

0
405

 

JEBTA B. SITEPU. Joseph Tarigan, Pengusaha Emas dengan merk toko UD Tariganta yang pernah mendapatkan penghargaan Upakerti dari Presiden Soeharto tahun 1997-1998 dan juga seorang tokoh Karo yang kini menjabat sebagai Ketua DPD Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Karo, mengundang Sora Sirulo bersama Imka Amik MBP dan PMS Medan Baru berkunjung ke kediamannya di Berastagi beberapa waktu lalu [Selasa 31/1].

Dalam pertemuan ini, Joseph Tarigan yang sudah berusia 60 tahun lebih dengan semangatnya mengeluarkan dan menunjukkan koleksi barang antik yang ia miliki. Ratusan bahkan ribuan uang koin kuno, uang kertas kuno, peralatan tempo dulu Sukuyarakat Karo hingga berbagai barang peninggalan sejarah ada dan dirawat olehnya.

“Semua barang ini saya kumpulkan satu demi satu, sehingga semakin banyak dan mirip seperti museum mini,” kata Joseph Tarigan.

Melihat berbagai koleksi milik Joseph Tarigan, mengingatkan kita betapa kayanya Kalak Karo.

“Untung saja, saya tidak mata duitan. Ada yang nawar semua barang ini sekitar 1 miliar rupiah, tidak saya lepas. Barang ini tidak saya jual,” kata Joseph dengan tegas.

Sementara itu, Rusmadi Ginting selaku anggota Imka Amik MBP mengatakan sangat senang dan bangga dapat melihat semua koleksi milik Joseph Tarigan.

“Kami selaku kaum muda sangat senang, terlebih ini semua dirawat dengan baik. Kami berharap pemerintah dapat menyediakan tempat seperti museum untuk memajang barang-barang koleksi milik Pak Joseph,” kata Rusmadi Ginting.

Menyambut tanggapan tersebut, Joseph Tarigan tidak berkeberatan, jika ada kelompok organisasi ataupun pemerintah yang ingin meminjam dan memamerkan barang-barang koleksinya.

“Siapa saja yang ingin membuat pameran barang-barang peninggalan sejarah, kami siap mendukung dan meminjamkan barang-barang ini,” lanjut Joseph Tarigan.

Leave a Reply