Sora Sirulo Adakan Kursus Aksara Karo

0
203
Hevi Srimawar br Tarigan sedang menulis aksara Karo.

 

JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Media online SORA SIRULO segera akan mengadakan kursus Aksara Karo. Setelah berdiskusi di internal redaksi, dibawalah pemikiran dan ide baik ini untuk didiskusikan secara umum. Beberapa hari ini, diskusi mengenai Aksara (Harakah) Karo yang dimotori oleh Pimpinan Umum Sora Sirulo di Grup Facebook ‘ Jamburta Merga Silima (JMS) ‘ mendapat perhatian dari beberapa Donatur yang juga kalak Karo.

Donatur memberikan tempat belajar mengajar kepada panitia yang telah dibentuk.

Pelita Tarigan, selaku Ketua Yayasan Pendidikan Cerdas Bangsa Namorambe mengijinkan kita untuk menggunakan salah satu gedung di Yaspen yang ia pimpin.

“Yaspen CB yang beralamat di Desa Delitua (Pasar 4 Gedung Johor) Kecamatan Namorambe siap mendukung seluruh kegiatan belajar mengajar Aksara Karo ini, terlebih tidak banyak yang menguasainya. Kami siap meminjamkan gedung kami beserta peralatan belajar mengajar seperti infokus, papan tulis, spidol, meja, bangku, dan sarana lainnya,” kata Pelita Tarigan saat dihubungi oleh Sora Sirulo.

Donatur lainnya, yaitu pusat meditasi bernama Jatisakya Meditation Centre yang diwakili oleh Bhante Bhuripaņño dan beralamat di Desa Lantasan Lama (Kecamatan Patumbak) mengatakan, siap memberikan alat – tulis yang diperlukan oleh siswa-siswa peserta kursus.

“Untuk buku, pulpen, pensil, dan lainnya, kami yang tanggung. Jangan dibebankan kepada peserta kursus, agar peserta kursus semangat belajar tulisan – tulisan kuno yang ada di Sumatera utara ini, khususnya tulisan kuno Suku Karo. Kami juga bersedia, menyiapkan gedung meditasi kami digunakan untuk belajar-mengajar. Jadi, peserta tidak bosan, bisa bergantian, pertama YP.Cerdas bangsa, lalu ke Jatisakya Meditation Center,” kata Bhante yang juga orang Karo ini.

Sementara itu, Sora Sirulo yang diwakili langsung oleh Juara R Ginting, bersama dengan pendiri Grup Jamburta Merga Silima, Sada Arih Sinulingga telah menunjuk beberapa anggota grup sebagai pelaksana.

Antara lain, Jebta Bastanta Sitepu yang juga anggota Redaksi Sora Sirulo selaku Ketua Pelaksana, Alfonso Maranata Ginting wakil Ketua Pelaksana, Hevi SM beru Tarigan selaku pengajar.

“Kursus ini gratis, semua kebutuhan gratis. Jadi, mari mendaftar. Kapan lagi, jika bukan dari sekarang,” kata Hevi SM kepada Sora Sirulo.

Kursus ini rencananya akan dilaksanakan setiap Sabtu/ Minggu, Pukul 15.00 sampai selesai.

Untuk Informasi dan Donasi, silahkan menghubungi Jebta Bastanta Sitepu di nomor 082370775567.




Leave a Reply