Kolom Telah Purba: SUNGAI MUSI

0
349

Hendak ke Mana Engkau Berlari, Perahu Kecil?

 

Taksi air Sungai Musi ini adalah alat transportasi warga sepanjang aliran Sungai Musi di Sumatera Selatan. Bagi sebagian besar penduduk di sana, keberadaan alat transportasi ini sangat vital dan fatal. Kalau kita yang berada di daerah dataran kering, alat transportasi bisa beragam.

Bisa mobil, dokar, delman, sepeda motor atau pun sepeda yang di kampung saya sering dijuluki kereta angin atau lereng, bahkan gerobak/ pedati yang ditarik oleh sapi atau kerbau.

Sangat jauh bedanya dengan mereka yang tinggal dan bermukim di aliran sungai dan daerah rawa-rawa yang sangat luas di daerah Sumatera Selatan yang dialiri oleh beberapa anak Sungai Musi yang antara lain Sungai Ogan dan Sungai Komering yang pada akhirnya akan menyatu dengan induk atau batang Sungai Musi.

Ingin berwisata ke Pulau Kemaro di tengah Sungai Musi? Anda dapat mencarter taksi air ini dari Pasar 16 Ilir, persis di ujung bawah jembatan Ampera. Kota Palembang juga saat ini tengah berbenah diri menyiapkan transportasi massal berbasis melayang. Mungkin juga karena mereka tidak ingin ketinggalan dari ibukota Jakarta.

Sebagai ilustrasi, bila kebetulan melintasi Kota Palembang dari arah Jambi maupun Jakarta atau sebaliknya dan melewati jalanan kota (dimulai dari Jembatan Ampera ke arah kota melewati Jl. Jendral Sudirman ke arah Jambi/ Medan yang berjarak sekitar 12 km), anda tidak akan lolos dalam waktu 1 jam.




Namun, bila saja anda ingin menikmati macetnya Kota Palembang dan sambil cari makanan favorit seperti mpek-mpek atau pun martabak HAR yang ditaburkan kuah kari kambing yang lezat, ya boleh lah.

Hendak membeli songket maupun Batik Palembang atau pun oleh-oleh khas Kota Palembang? Bermacam-macam jenis kerupuk atau pun kerupuk kemplang, boleh juga mampir di Pasar Cinde. Namun, jika anda hanya ingin melintas saja ke arah Jambi/ Medan, sebaiknya anda belok ke kiri di depan Jl. Stadion Jakabaring, langsung ke arah jembatan Musi 2. Lanjut ke arah Jambi, pastinya waktu tempuh akan jauh lebih cepat, karena lancar.

Leave a Reply