Tanjung Sena Wakili Deliserdang dalam Lomba PHBS Sumut

0
175




IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Desa Tanjung Sena (Kecamatan Biru-biru) menjadi wakil Kabupaten Deliserdang dalam perlombaan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Sumatera Utara. Saat dilakukan perlombaan tingkat Kabupaten Deliserdang, Desa Tanjung Sena menjadi Juara 1. Maka secara otomatis desa ini menjadi wakil Deliserdang dalam perlombaan tingkat provinsi.

Dasar penilaian dalam perlombaan nantinya ada 10 keriteria yang pada intinya berada di seputar pertanyaan bagaimana budaya hidup perorangan, keluarga dan masyarakat yang berorientasi pada hidup sehat

“Artinya, penilaian difokuskan pada cara memelihara dan melindungi kesehatan; baik fisik, mental spiritual maupun sosial,” kata Camat Biru-biru Wahyu R. SSTP MAP kepada wartawan [Minggu 5/2].

Adapun kesepuluh kriteria penilaian  antara lain persalinan dibantu oleh dokter, memberi asi eksklusif, menimbang bayi dan Balita, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan sabun, menggunakan jamban sehat, membersihkan jentik di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktifitas setiap hari, tidak merokok dalam rumah, dan lainya.

PHBS bertujuan meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan setinggi-tingginya. Dengan kata lain, masyarakat diharapkan mampu berperan sebagai pelaku dalam pembangunan kesehatan dalam rangka menjaga, memelihara dan meningkatkan derajat kesehatannya sendiri, serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut ketua TP PKK Kabupaten Deliserdang diwakili Seketaris TP PKK Kabupten Deliserdang Ny Titik Asrin Naim beserta rombongan, unsur SKPD, Ketua TP PKK Kecamatan Biru-biru Ny Rahimah Wahyu R, anggota PKK Kecamatan Biru-biru, Kepala-kepala Desa di Kecematan Biru-biru dan para undangan lainnya.




Leave a Reply