Sayur Pait Naik Drastis di Berastagi Hari Ini

0
179

MULANA TARSIL. BERASTAGI. Harga sayur mayur di Pasar Roga (Berastagi) hari ini [Senin 6/2] umumnya biasa-biasa saja, yang artinya tidak ada kenaikan maupun penurunan harga yang berarti. Akan tetapi, itu tidak berlaku bagi sayur pait.

Setelah begitu lama mengalami harga yang sangat murah dan cenderung tidak laku, kalaupun laku hanya berkisar Rp. 500/ Kg, hari ini sayur pait melonjak ke harga Rp. 2.000/ Kg.

Ada beberapa penyebab kenaikan harga sayur pait yang intinya adalah minimnya ketersediaan barang di pasar. Sebab pertama minimnya barang di pasar adalah banyak petani yang mencabuti tanaman sayur pait dari ladangnya karena harganya yang super murah di pasar. Penyebab ke dua adalah telah tiba pula usianya berbunga sehingga daun sayur pait ini sudah terlalu tua untuk dikonsumsi karena vitamin dan kualitas rasanya menurun.

Kegiatan jual beli di Pasar Roga (Berastagi) hari ini sangat terganggu oleh meletusnya erupsi Gunung Sinabung hari ini. Kota Berastagi termasuk Pasar Roga diselimuti oleh debu vulkanik sehingga jarak pandang sangat pendek. Slain karena jaak pandang yang sangat pendek, orang-orang hampir tidak saling kenal lagi karena wajah mereka tertutup oleh debu vulkanik.

Berikut ini adalah daftar harga beberapa sayuran yang sempat dicatat oleh Sora Sirulo di Pasar Roga Berastagi hari ini:

Sayur pait Rp. 2.000/ Kg (sebelumnya Rp. 500/ Kg)

Buncis Rp. 6.000/ Kg

Tomat Rp. 6.500/ Kg

Cabai merah Rp.30.000/ Kg

Cabai rawit Rp. Rp. 55.000/ Kg

Cabai hijau Rp. 8.500/ Kg




Leave a Reply