Cingkes Sebagai Asal Beberapa Merga Tarigan

0
344

Oleh: Edison Gerneng

 

Cingkes adalah sebuah desa yang sangat kuat sejarahnya, dari desa ini pula bisa dirujuk untuk menjadi asal usul merga Tarigan. Antara lain, Tarigan Tua, Tarigan Tambak, dan Tarigan Gerneng. Saya sudah sampai di sana dan melakukan napak tilas bersama rombongan keluarga serta bertanya – tanya kepada penduduk lokal Desa Cingkes.

Kenapa kami bertanya?

Kami ingin meyakinkan diri kami sendiri dan keluarga kami yang bermerga Tarigan Gerneng, bahwa desa Cingkes itu adalah desa atau kuta yang didirikan oleh orang Karo meskipun sekarang terletak di wilayah administrasi Kabupaten Simalaungun.

Setelah rombongan kami keluarga Tarigan Gerneng ke sana, benar dan terbukti di Cingkes tidak ada orang dari Suku Simalungun. Rakyat atau penduduknya 100% orang Karo.

Saya bertanya kepada orang yang dituakan serta tokoh masyarakat di Cingkes dan dengan sambil napak tilas, maka dapat saya menyimpulkan bahwa Tarigan yang meliputi Tarigan Tua, Tarigan Tambak dan Tarigan Gerneng adalah benar berasal dari kuta Cingkes ini.

Dari desa Cingkes lah ketiga Tarigan 3 ini menyebar ke tempat-tempat lain. Terbukti di desa Cingkes terdapat tambak, kesain dan rumah adat Karo yang berbeda-beda pemiliknya. Terkhusus Tarigan Gerneng yang khusus saya telusuri ke desa Cingkes terdapat tambak (kolam) yang dimiliki oleh kelompok dari merga Tarigan Gerneng. Tambak ini bernama Tambak Lau Si Batu.

Kesain Tarigan Gerneng ada 2; yaitu Kesain Binara dan Kesain Rumah Geri. Kedua kesain ini memiliki 1 rumah adat bernama Rumah Si Anjung-anjung. Kalau Tarigan Tambak memiliki tambak bernama Tambak Lau Birawaan.

Sedangkan, untuk Tarigan Tua belum sempat saya bertanya kepada tokoh kampung berhubungan dengan waktu saya yang sangat singkat. Saya berjanji akan kembali ke Cingkes untuk memperdalam ilmu pengetahuan tentang asal usul merga Tarigan dan Cingkes.

Bujur ras mejuah-juah kita kerina.




Leave a Reply