Dirut Pelindo I Laporkan Kegiatan ke Gubsu

Dirut Pelindo I: Infrastruktur Siap, Perekonomian Sumut akan Melejit

 

HEVI S. TARIGAN. MEDAN. Dirut Pelindo I Bambang Eka Cahyana meyakini Provinsi Sumatera Utara akan menjadi provinsi yang paling menarik untuk investasi. Bukan hanya di Pulau Sumatera, tetapi juga untuk Indonesia. Hal ini dikatakan oleh Bambang usai melaporkan sejumlah kegiatan dan progress pembangunan Pelindo I di Sumut kepada Gubsu di lantai 10 kantor Gubsu Jl. Diponegoro, Medan [Selasa 7/2].

Sebagai provinsi yang kaya akan hasil perkebunan dan tambang, Sumut tentunya menjadi modal utama bagi para investor untuk menanamkan modalnya. Hanya saja, ini belum terealisasi karena terlambatnya dukungan infrastruktur seperti halnya terminal kapal atau pelabuhan.

“Sumut sebetulnya potensinya luar biasa. Kaya akan hasil perkebunan, kaya akan hasil tambang. Hanya saja, infrastrukturnya yang sedikit terlambat. Tahun 2017 ini setelah infrastrukturnya selesai semua, Sumut akan melejit,” ujar Bambang didampingi oleh Dir PP Pelindo I Imam A Sulaiman, Corporate Secretary M Eriansyah dan stafnya.

Dikatakan oleh Bambang, sejak 2 tahun lalu,Pelindo I teus memacu pembangunan infrastruktur pelabuhan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan produktifitas pelabuhan sehingga kualitas pelayanan dan kapabilitas pelayanan di seluruh pelabuhan yang dikelola Pelindo I semakin baik. Dengan semakin baiknya kualitas dan kapabilitas pelayanan tentunya akan menarik bagi pelayaran maupun pemilik barang untuk menggunakan Pelabuhan yang mereka kelola. Termasuk juga menfasilitasi investor di Sumut.

“Inilah salah satu kesiapan Pelindo dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Kunci sukses dalam rangka menghadapi MEA adalah kualitas pelayanan dan efisensi yang semuanya merupakan daya saing,” ujarnya.

Dengan meningkatnya daya saing, lanjut Bambang, maka wilayah itu akan menarik investor atau pebisnis sehingga berlomba-lomba melakukan investasi dan menjalani bisnis di Sumut.

“Saya yakin pada akhir 2017 ini banyak sekali perubahan di Sumut khususnya berkaitan dengan infrasruktur. Dari sisi Pelindo, sebagai salah satu BUMN yang bertanggung jawab menyiapkan infrastruktur Pelabuhan akan melakukan perubahan yang juga akan luar biasa. Apalagi seperti yang dibilang Pak Guburnur seperti halnya Kualatanjung tahap I  Agustus 2017 kita targetkan beroperasi. Ini akan menjadi pusat pertumbuhan perekonomian di Sumut,” terang Bambang.

Sebelumnya Gubernur Sumut HT Erry Nuradi didampingi oleh staf ahli Gubsu Binsar Situmorang, dan Plt. Kepala Bappeda Provsu Irman berharap sinerjisitas Pemprovsu dan Pelindo I tetap terbangun demi mendorong pembangunan di Sumut. Dalam pertemuan tersebut, tambah Gubsu Pelindo I melaporkan sejumlah kegiatan di Provsu diantara lain pengembangan pelabuhan Belawan dan Kuala Tanjung. Selain itu juga Pelindo telah membangun terminal kapal di Tanjung Balai dan di Sibolga.

“Kalau Tanjung Balai mudah-mudahan lebaran ini sudah bisa digunakan. Sedangkan yang di Sibolga pembangunannya sedang berjalan, mungkin Agustus atau September bisa selesai,” ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu lanjut Gubsu, Dirut Pelindo I juga menyampaikan dalam waktu dekat terminal penumpang Bandar Deli akan mendatangkan kapal Cruz dari luar negeri. Tentunya kedatangan kapal ini akan menambah jumlah wisatawan di Sumut.

“Pembangunan-pembangunan yang dilakukan Pelindo dalam rangka menunjang perekonomian di Sumut. Saya ucapkan terimaksih kepada Pak Bambang dan direktur lainnya semoga bisa bersinerja untuk Sumut yang kita banggakan ini,” pungkasnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.