Pospera Demo KPK RI Atas Dugaan Korupsi Dana Bencana Sinabung

0
358

 

 

RANGGI RIANITA. JAKARTA. Massa dari DPC Pospera Kabupaten Karo dan DPD Pospera Sumut melakukan aksi unjuk rasa di Gedung KPK RI Jl. Rasuna Said, Kuningan (Jakarta) kemarin [Selasa 7/2]. Mereka sengaja datang jauh-jauh dari Dataran Tinggi Karo (Sumatera Utara) untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutan mereka. Gelora Pandia), Ketua DPC Pospera Karo), mengungkapkan kedatangan mereka ke KPK RI di Jakarta merupakan puncak dari keprihatinan yang sangat mendalam terhadap penanganan pengungsi yang sudah 6 tahun menderita.

“Faktanya hari ini persoalan pengungsi masih belum tuntas. Masih banyak yang tidur di tenda-tenda penampungan,” kata Gelora kepda Sora Sirulo.

Ironisnya lagi, menurut mantan aktivis 98 ini, dana yang seharusnya diperuntukkan bagi percepatan penanganan pengungsi malah dikorupsikan oleh oknum-oknum yang tidak punya rasa kemanusiaan. Aksi tersebut kemudian diterima oleh Bidang Pelaporan KPK RI. Gelora Pandia yang merupakan salah satu yang diterima pihak KPK RI mengungkapkan kepada KPK RI, mereka meminta agar Kasus Korupsi DSP Siosar Tahun 2015 yang sedang ditangani oleh Unit Tipikor Poldasu diambil alih oleh KPK RI mengingat kasus tersebut jalan di tempat sehingga butuh penanganan serius.

Menyahuti tuntutan Pospera, Bidang Pelaporan KPK RI mengatakan bahwa mereka senantiasa memantau kasus ini. Selanjutnya pihak KPK mengatakan ada unsur ketidakwajaran dalam penanganan kasus ini.

“Setahu kami, saudara ST sudah 3 kali mangkir dari panggilan pihak Poldasu. Sehingga ke depan KPK akan melakukan Koordinasi Suvervisi dengan Unit Tipikor Poldasu sebelum mengambil alih kasus ini. Memang demikian mekanisme hukumnya,” papar Bidang Pelaporan KPK RI.

KPK RI juga meminta kepada Pospera agar tetap mengikuti perkembangan kasus ini dan apabila ada indikasi pengkondisian agar kasus ini jalan di tempat, maka segera lapor ke KPK melalui No Telpon pengaduan.

Setelah diterima oleh KPK RI massa Pospera selanjutnya menuju gedung BNPB RI untuk menyampaikan aspirasi dari masyarakat pengungsi Sinabung.




Leave a Reply