Gubsu Harap Pers Sumut Makin Profesional dan Bertanggungjawab

0
157

 

DENHAS MAHA. MEDAN. Gubernur Sumatera Utara H. Tengku Erry Nuradi menggharapkan momentum Hari Pers Nasional 2017 menjadi tonggak perubahan pers yang lebih baik. Gubernur berharap pers maupun wartawan Sumut bisa memenuhi verifikasi dan sertifikasi oleh dewan pers agar semakin professional dan bertanggungjawab.

Demikian disampaikan Gubernur saat menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional di Ambon kemarin [Kamis 9/2] yang juga turut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Turut mendampingi Gubsu, Ketua TP PKK Ny Evi Diana, Pj Walikota Siantar Anthony Siahaan, Pj Walikota Tebingtinggi OK Zulkarnain, Ketua PWI Sumut Hermansyah SE, Ketua SPS Sumut Farianda, Ketua IKWI Sumut Dewi Budiati dan sejumlah Kepala SKPD.

Sesuai dengan arahan dewan pers ada semacam verifikasi, ini adalah positif, walaupun ada sebagian pihak yang mengatakan seperti menghambat. Padahal sebenarnya tidak. Ini dalam rangka menerapkan good media, kata Gubernur.

Sebagaimana diumumkan dalam HPN 2017, Dewan Pers sudah melakukan verifikasi terhadap 77 media. Dalam dua tahunn ke depan dewan pers akan mendorong semua media mengikuti verifikasi dimaksud.

Ditambahkan oleh Gubernur, kalau pemerintah dituntut menerapkan good governance, maka media juga harus ikut menerapkan good media. Demikian juga masyarakat, harus berupaya menjadi good people.

Verifikasi media, menurut Gubernur sudah menjadi tuntutan demi menjaga professionalisme pers. Beberapa poin yang peting menurut Gubsu untuk diverifikasi seperti keahlian SDM dan kemampuan dana perusahaan pers dan juga pemenuhan kesejahteraan wartawan. Sehingga, kalau media sudah memenui kewajiban-kewajiban, baru dia bisa melangkah ke arah professional.

“Kita tidak bisa bicara professional kalau SDM kurang, dana kurang sehingga profesionalisme akan berkurang,” ujarnya.

 


[one_fourth]Sumut Layak[/one_fourth]

Kehadiran Gubsu di Ambon juga dalam rangka mempromosikan Sumut sebagai tuan rumah HPN 2018. Setelah malam sebelumya Gubsu bertemu dengan tokoh nasional dan mempromosikan Sumut, pada punck HPN di Lapangan Polda Ambon, HT Erry juga memanfaatkannnya sebagai ajang promosi. Tokoh media Surya Paloh juga tidak luput dari incaran Erry. Gubernur memberikan pin bertuliskan mendukung Sumut sebagai tuan rumah kepada Surya Paloh. Tokoh media nasional dan politisi asal Sumut ini pun menyatakan dukungan dirinya, agar Sumut bisa menjadi tuan rumah HPN 2018.

Terkait kesiapan Sumut sebagi tuan rumah HPN 2018 mendatang, Gubsu mengatakan Sumatera Utara sangat layak menjadi tuan rumah karena saat ini sudah menjadi salah satu destinasi MICE (meeting, incentive, convention and exhibition ) nasional. Kami mencoba melobi untuk menjadi penyelenggra HPN tahun 2018. Keunggulan Sumut saat ini sedang galak-galaknya membangun Danau Toba sebagai kawasan pariwisata bertaraf internasional, juga potensi lain seperti perkebunan dan keindahan alam, jelas Erry.

Beberapa organsasi besar menetapkan sumut sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan nasional, diantaranya Ikatan Dokter Indonesia dan Persatuan Guru Republik Indonesia. Tahun depan ada Persatuan dokter gigi, dan Sumut juga ditetapkan menjadi penyelenggara MTQ Nasional pada 2018.

“Ini membuktikan Sumut layak menjadi penyelenggara MICE nasional dan menjadi tuan rumah HPN 2018,” lagi ujar Erry.




Leave a Reply