Gempa Berkekuatan 5,2 SR di Wilayah Suku Karo

0
189

 

LORETA KAROSEKALI. MEDAN. Malam kemarin hingga pagi ini terjadi beberapa kali gempa di wilayah penyebaran Suku Karo seperti halnya Kabupaten Karo, Kabupaten Langkat, Binjai, Medan, Kabupaten Deliserdang, dan Kabupaten Simalungun.

Kalau kita lirik facebook wartawan Sora Sirulo Imanuel Sitepu, terlihat statusnya mengatakan “Jam 22.10 terjadi gempa lagi” dan nantinya “Jam 00. 17 wib gempa susulan lagi.. Ya Tuhan.”. Ini pertanda paling tidak sejak Pkl. 22.10 Wib kemarin malam [Selasa 13/2] telah terjadi gempa keras di sekitar kediamannya di Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deliserdang, yang kemudian disusul pada Pkl. 00.17 Wib pagi dini [Rabu 14/2].

Status tentang gempa di facebook tiba-tiba saja menjamur setelah terjadi gempa terkuat pada Pkl. 03.35 Wib yang menurut situs BMKG berkekuatan 5,2 SR. Menurut situs yang sama, gempa ini terjadi di kedalaman 10 KM dengan pusat gempa 23 Km sebelah Barat Daya Kabupaten Deliserdang.

Dari status-status di facebook, maka dapat diketahui bahwa gempa yang terakhir ini dirasakan hampir di seluruh Kabupaten Karo, Binjai, Medan, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Simalungun dan Siantar. Terlihat juga yang mengatakan gempa terasa di Tigabinanga (Karo Singalorlau).

Sukarman Keliat yang tinggal di Gedung Johor, Medan, mengatakan kepada Sora Sirulo, gempa kali ini menyertakan suara gemuruh seperti ada kereta api melintas. Aktivis lingkungan hidup Elkana Gurusinga mengatakan kepada Sora Sirulo bahwa konstruksi atap rumahnya mengeluarkan suara saling menggesek saat gempa terjadi. Dia tinggal di sekitar Tanjung Merawa, Medan.

Status facebok dari Kabanjahe, Berastagi, dan Nangbelawan menyatakan gempa ini sangat kuat. Tempat-tempat ini sangat dekat dengan Gunungapi Sinabung.




Leave a Reply