Antisipasi Kebakaran, Gubsu Erry Pantau Danau Toba Lewat Udara

 

Rumah adat Batak yang terbakar (kanan) di Desa Parbaba (Kecamatan Pangurusan, Kabupaten Samosir).

 

DENHAS MAHA. MEDAN. Gubsu H. T. Erry Nuradi memantau lahan dan hutan di kawasan Danau Toba dengan menggunakan helikopter jenis AW139 buatan Italia tahun 2016 guna mengetahui titik api dari  lahan dan hutan yang sering terbakar di kawasan itu.

“Kami memantau lewat udara untuk mengetahui titik-titik api yang menyebabkan lahan Danau Toba dan sekitarnya mudah terbakar serta menyusun langkah-langkah untuk mengantisipasinya,” tandas Gubsu melalui Plt Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus kepada wartawan di Medan [Senin 13/2].

Dalam pantauan udara itu [Sabtu 11/2], Gubsu didampingi anggota DPD RI Parlindungan Purba, Kadis Perhubungan Anthony Siahaan, Ketua PKK Hj Evi Diana Erry dan staf Dinas Kominfo Provsu.

“Dengan menumpang  helikopter yang dihibahkan Badan SAR Nasional (Basarnas) ke Pemprovsu, kita pantau lahan dan hutan yang rawan kebakaran di Danau Toba sebagai kawasan strategis nasional. Kita tidak mau kecolongan. Memasuki musim kemarau saat ini kebakaran hutan dan lahan khususnya di kawasan Danau Toba berpotensi terjadi. Kita harus waspada bencana dan meminta kepala daerah dan instansi terkait turur mengantisipasinya,’’ terang Gubsu.

Menurut data yang dilansir BPBD Provsu sejumlah daerah di kawasan Danau Toba seperti Kabupaten Toba Samosir, Samosir, Simalungun, Humbang Hasundutan,Tapanuli Utara, dan serta beberapa kecamatan di Januari hingga Februari 2017 ini sudah memasuki warning dengan curah hujan yang rendah.

“Menurut BMKG juga ada hotspot di kawasan Danau Toba yang harus diantisipasi secara cepat. Seperti diketahui pada tahun 2016 kawasan Danau Toba sering terjadi kebakaran hutan dan lahan. Kawasan ini masih tergolong sangat rawan kebakaran hutan dan lahan serta kebakaran pemukiman yang berpotensi mengganggu kawasan wisata nasional ini. Selain melakukan pemantauan secara langsung melalui udara kita juga mengunjungi korban kebakaran di Pangururan,” ujar Gubsu.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.