Aksara Karo TV: Memperkenalkan Aksara Karo ke Para Penganut Budha

0
587

 

JEBTA B. SITEPU. PATUMBAK. Tim Aksara Karo yang diketuai oleh Serpis Karo-karo Kaban mendapatkan kesempatan untuk memberikan kursus singkat ke peserta yang menghadiri acara peresmian Jatisakya Meditation Centre (JMC) [Minggu 12/2].

“Kursus singkat ini dilaksanakan atas permintaan langsung dari ketua JMC yang juga seorang Bhante dari Suku Karo bermerga Sembiring Depari. Bhante Bhuriphano Sembiring Depari sangat mendukung acara ini,” kata Serpis Karo-karo Kaban kepada Sora Sirulo.

Dalam kursus singkat ini, Hevi beru Tarigan selaku pengajar Aksara Karo yang diinisiasi oleh Sirulo Community Mediation (SCM) mengajarkan bagaimana cara-cara menuliskan Aksara Karo, apa itu Indung Surat, Anak Surat dan bagaimana menuliskan kata “Mejuah-juah”  dengan aksara Karo.

“Sebenarnya sedikit ragu dan canggung, tapi berkat dorongan dari semua senoir saya, saya berani untuk berbicara di depan ratusan tamu undangan,” kata Hevi.

Kursus aksara Karo ini rencananya akan digelar setiap hari Sabtu dan Minggu bertempat di Yayasan Cerdas Bangsa desa Delitua (Kecamatan Namorambe).

“Untuk pembukaan, rencananya akan kita buat hari Minggu ini [18/2] . Semua kebutuhan peserta belajar sudah kita tanggung baik dari uang kursus, buku dan alat tulis peserta kursus, bahkan untuk transportasi peserta kursus akan kita tanggung. Jadi ini semua benar benar Gratis,” kata Serpis Karo-karo Kaban.





Leave a Reply