Penyu Belimbing Dermochelys Coriacea Mulai Menetas di TNGL Aceh Selatan

0
307




SALMEN SEMBIRING. RANTAU SIALANG (ACEH SELATAN). Stasiun Pembinaan Populasi Penyu Rantau Sialang berhasil menetaskan telur Penyu Belimbing (Dermochelys Coriacea) [Rabu 15/2] sebanyak 2 butir dari 115 butir yang ditanam pada periode Desember 2016 lalu.

Biasanya, kadar keberhasilan penetasan telur penyu belimbing di stasiun pembinaan adalah sebesar 80%. Penetasan di stasiun memang lebih rendah dibanding penetasan di alam yang bisa mencapai 90,95 %. Hanya saja tantangan penetasan di sarang alami lebih banyak berupa serangan predator, perburuan telur oleh warga, dan juga tersapu ombak.

Beberapa hari ke depan diharapkan telur yang ditanam pada Desember lalu dapat menetas seluruhnya. Kemudian, pada bulan Maret, diperkirakan akan ada sebanyak 20-an telur yang akan menetas lagi. Selain itu, jumlah telur yang telah ditanam di sarang semi alami ini sudah sebanyak 271 butir pada akhir tahun 2016.

Tukik yang telah menetas ini akan dipindahkan ke bak penampungan sementara selama sekitar 2 sampai 3 bulan sebelum dilepasliarkan. Ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penyu bertahan hidup dari serangan predator terutama dalam proses penguatan cangkang.

Pelepasan tukik secara langsung biasanya memiliki risiko yang lebih tinggi dari serangan predator, karena cangkang masih lunak. Namun, terlalu lama di bak penampungan juga mengakibatkan ketidakmampuan beradaptasi dengan alam liar.

Selain itu pada Januari 2017 lalu, Stasiun Pembinaan Populasi Penyu Rantau Sialang juga telah menanam sekitar 100 butir telur penyu abu dan penyu hijau.




Leave a Reply