Akhyar Apresiasi Peluncuran Aplikasi Istana Maimoon & Bantuan Donasi CSR

0
329

 

HEVI S. TARIGAN. MEDAN. Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi menghadiri acara peluncuran Aplikasi Istana Maimoon sekaligus penyerahan bantuan donasi Coorporate Social Responsibility (CSR) di Balairung Istana Maimun Medan kemarin [Kamis 16/2].  Akhyar sangat menghargainya, karena pelucuran sekaligus pemberian bantuan CSR itu merupakan salah satu upaya melestarikan tempat bersejarah di Kota Medan.

Peluncuran Aplikasi Istana Maimoon dan penyerahan bantuan CSR ini dilakukan PT Indosat kepada Yayasan Sultan Ma’moen Al Rasyid (Yasmar). Selain untuk pengembangan fasilitas, juga dalam rangka memperkenalkan Istana Maimun kepada seluruh masyarakat, tidak hanya Nusantara tetapi juga dunia.  Dengan demikian, istana yang dibangun 26 Agustus 1888 dan selesai 18 Mei 1891  ini akan lebih banyak lagi dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dikatakan Akhyar, Istana Maimun merupakan salah satu istana yang paling indah di Indonesia. Arsitektur yang unik dan desain interior istana ini memberikan karakter yang khas, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan ilmu pengetahuan serta pemanfaatan sumber daya budaya untuk kepentingan komersial yang dapat membawa dampak pada peningkatan ekopnomi rakyat.

Oleh karenanya, Wakil Wali Kota sangat mengapresiasi dan menyambut baik upaya PT Indosat dalam mewujudkan kepedulian melalui program CSR dan launching Aplikasi Istana Maimoon sebagai wujud mendukung pengelolaan dan pelestarian objek wisata Kota Medan.

“Kekayaan serta keindahan situs sejarah budaya di Medan akan menarik lebih banyak pengunjung jika secara optimal dikembangkan. Istana Maimun adalah contoh yang baik dari situs sejarah berkembang dengan baik di Kota Medan,” kata Akhyar.

Dengan penyerahan donasi CSR dan launching Aplikasi Istana Maimoon kepada Yasmar, Akhyar berharap dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan istana Maimun, sehingga semakin baik sebagai ikon pariwisata di ibukota Provinsi Sumatera Utara yang memiliki daya tarik wisatawan dan selalu terpelihara.

Penyerahan bantuan donasi CSR sekaligus launching Aplikasi Istana Maimoon ini dilakukan Pimpinan PT Indosat, MGS Muhammad Ali Safitri kepada Ketua Umum Yasmar, T Ismaini SE disaksikan Wakil Wali Kota, Pembina Yasmar sekaligus cucu dari Sultan Ma’Moen Al Rasyid, T Muhammad Efran serta tetuah adat Melayu Kesultanan Deli.

Sementara itu Pimpinan PT Indosat, MGS Muhammad Ali Safitri dalam sambutan singkatnya menjelaskan, tujuan launching Aplikasi Istana Maimoon  ini untuk memudahkan masyarakat untuk mengetahui lebih jelas tentang Istana Maimun dengan men-download menmggunakan handphone android.




“Tidak hanya masyarakat Nusantara, masyarakat dunia juga dapat melihat keindahan dan kemegahan Istana Maimoon melalui Aplikasi Istana Maimoon. Dengan melihat aplikasi ini, kita harapkan masyarakat tidak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia semakin tertarik sehingga datang mengunjungi Kota Medan untuk melihat lebih dekat Istana Maimon,” harap Ali.

Selain itu Ali pun berharap agar bantuan donasi CSR yang diberikan itu dapat dipergunakan untuk mengembangkan fasilitas Istana Maimon. Dengan begitu jumlah wisatawan yang datang mengunjungi istana dengan luas lebih kurang 2.772 m2dan memiliki 30 ruangan itu lebih banyak lagi ke depannya.

Launching Aplikasi Istana Maimoon ini ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Wali Kota. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan bantuan donasi CSR, serta diteruskan dengan pemberian cindera mata




Leave a Reply