Pura-pura Tukang Botot, Spesialis Bongkar Rumah Kosong Tertangkap

0
261

IMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Tersangka pelaku pencurian spesialis rumah kosong yang menyamar sebagai tukang botot berhasil ditangkap warga. Dari iInformasi yang diperoleh Sora Sirulo, pelaku bernama Mintoni Siagian alias Toni (27) warga Jl.n Gaharu, Medan. Dia tertangkap tangan oleh warga saat sedang mencongkel pintu belakang sebuah rumah warga di Pasar 1 Desa Sidomuliyo (Kecamatan Biru-biru) [Kamis 16/2: sekira 09.30 wib].

“Aku ditangkap warga pas mencongkel pintu belakang rumah warga,” aku Toni usai dimintai keterangan di Mapolsek Biru-biru.

Menurut keterangan tersangka, ia telah berencana melakukan pencurian itu dengan cara membawa linggis jenis kuku kambil dari rumah.

“Aku sudah merencanakannya, bang. Dari rumah aku sudah mempersiapkan linggis dan goni. Aku lalu berangkat menumpangi angkot menuju Biru-biru,” bebernya.

Masih kata Toni, adapun yang menjadi sasarannya adalah rumah kosong yang ditinggal pergi oleh penghuninya. Begitu memastikan rumah tersebut dalam keadaan kosong, pelaku lalu mengeluarkan linggis dari dalam goni yang dibawanya.

“Aku kelilingi dulu rumah yang dijadikan target dengan berpura-pura mencari barang bekas. Usai memastikan rumah dalam keadaan kosong, aku mencongkelnya,” jelasnya.

Saat diwawancari lebih lanjut, Toni Siagian mengakui ia telah hampir 10 kali melakulan pencurian di wilayah hukum Polsek Biru-biru seperti di Desa Sidomuliyo, Desa Candi Rejo, dan Desa Sidodadi dengan modus sebagai tukang botot.

“Targetku adalah barang-barang yang ada di dalam rumah seperti uang, perhiasan, laptop, HP, tabung gas, dan pompa air. Selain di sekitar Biru-biru, aku juga pernah mencuri laptop di Medan Johor. Semua hasil pencurian itu kujual ke Sambu,” bebernya.

Kapolsek Biru-biru AKP Muchdi Hasibuan ketika dikonfirmasi membenarkan telah mengamankan seorang pelaku pencurian rumah kosong yang menyamar sebagai tukang botot.

“Pelaku kita amankan ketika hendak melakukan percobaan pencurian di sebuah rumah warga. Saat ini, kita masih melakukan pendalaman dan pengembangan untuk menelusuri para korbannya. Soalnya, menurut pelaku, ia sudah berulang kali melakulan pencurian,” tutur Hasibuan.




Leave a Reply