Wali Kota Medan Jamu Makan Malam Pelajar Korea Selatan

0
214

 

HEVI S. TARIGAN. MEDAN. Walikota Medan Drs. Dzulmi Eldin S, M.Si menjamu pelajar dari Kota Gwuangju, Korea Selatan yang mengikuti program Student Exchange Program Tahun 2017 pelajar asal Gwangju ke Kota Medan, di Pendopo Rumah Dinas Walikota Medan [Sabtu 18/2].

Acara ini sebagai bagian perpisahan kepada peserta pertukaran pelajar yang akan kembali ke negeri asalnya.  Untuk itu, Walikota bersama segenap jajaran Pemerintah Kota Medan merasa senang dan bangga dengan kunjungan pelajar dari Gwangju tersebut.

Diungkapkan oleh Walikota, pertukaran pelajar dari Gwangju ini sebagai bagian dari peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan yang telah terjalin pada berbagai sektor kehidupan.

“Kunjungan ini bukan semata-mata kunjungan antar pelajar saja, tetapi juga sebagai wadah silaturahmi antar kedua kota yang bersaudara,” ujar Eldin.

Eldin berharap selama para pelajar tinggal di Kota Medan dapat merasa nyaman sebagaimana rasanya tinggal di rumah sendiri, sehingga cita rasa dan keindahan Kota Medan meninggalkan kesan yang baik dan positif kepada mereka dan dapat menceritakan kesan yang baik kepada keluarga dan kerabatnya di kampung halaman, serta di masa mendatang berkeinginan kembali berkunjung ke Kota Medan.

Program ini menurut Eldin harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pelajar di Kota Medan untuk meningkatkan kepercayaan diri agar bisa bersaing dengan sekolah di Negara lain terutama dalam mempersiapkan bekal masa depannya menjadi anak-anak yang cerdas, mandiri dan cepat beradaptasi dengan perkembangan global.

Rombongan pertukaran pelajar asal Gwangju ini terdiri dari 14 pelajar dan 2 pendamping yang telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan studi selama 9 hari sejak Minggu (12/2/2017) lalu dan berakhir Senin (20/2/2017).

Sebelumnya disampaikan oleh Kabag Hubungan Kerjasama Drs. Rivai Nasution, MM, selama di Kota Medan, para pelajar ini melakukan studi tour di SMA N 1 Medan, SMA N 4 Medan, SMA Shafiyatul Amaliyyah, SMA AL Azhar, SMA Prime One School, MAN 1 Medan dan SMA Tritech Informatika Medan untuk saling bertukar informasi sistem dan model pendidikan bersama pelajar dan guru.

Selain itu mereka juga melakukan edukasi wisata dan kebudayan ke sejumlah objek wisata seperti Istana Maimun, Museum Rahmad Gallery, serta objek wisata budaya dan kuliner lainnya yang ada di Kota Medan.




Sementara itu pendamping pelajar asal Korea Selatan, Mrs. Chohee Yang, memberikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Medan karena telah menerima dengan baik selama berada di Kota Medan.

“Kami atas nama rombongan pertukaran pelajar mengucapkan terima kasih karena diberi kesempatan untuk bertukar informasi di bidang pendidikan, mengenal model dan sistem pendidikan yang ada di Kota Medan serta sistem kebudayaan lokalnya,” ungkap Mrs. Chohee.

Kerjasama ini diharapkan dapat terus berjalan dengan baik di masa mendatang dan semakin mempererat hubungan kerjasama antara Kota Medan dan Gwangju sebagai Sister City yang pada tahun 2017 ini tepat 20 tahun berjalan.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Medan didampingi Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution menyerahkan cendera mata kepada para pelajar dan pendamping.

Jamuan makan malam ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Deli Serdang, Riki Prananda Nasution, Ketua DPD Partai Golkar Deli Serdang, T. Ahmad Tala’a, serta orang tua asuh pelajar Gwangju tempat para pelajar tinggal selama berada di Kota Medan.




Leave a Reply