Budaya Indonesia Meriahkan Hari Kebangsaan Brunei Darussalam

0
564

 

IJANTA GINTING. BANDAR SRI BEGAWAN. 23 Feberuari 2017, masyarakat Brunei Darussalam merayakan Sambutan Ulang Tahun Hari Kebangsaan Negara Brunei Darussalam yang ke-33 tahun. Perayaan ini dilaksanakan di lapangan terbuka hijau agar dapat menampung masyarakat lebih banyak untuk terlibat dalam perayaan ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sultan yang dipertuan Negara Brunei Darussalam Sultan Haji Hassanal Bolkiah. Perayaan ini juga mempertontonkan pawai Askar darat, laut, udara dan Polis Diraja Brunei, serta instansi pemerintah maupun swasta mengambil peran masing-masing dalam perayaan ini.

Selain pawai Askar, perayaan ini juga dimeriahkan dengan penampilan bertemakan budaya dalam bentuk pakain dan tari-tarian khas etnis dari berbagai budaya. Dari berbagai pentas tari-tarian yang ada, terlihat juga beberapa pakain/ tarian-tarian yang berasal dari etnis di Indonesia, seperti Jawa, Sunda, Bali, Dayak, Bugis, Lampung dan Palembang. Adanya pertunjukan ini, membuat penduduk Indonesia yang tinggal di Brunei Darussalam tampak antuasias untuk menikmati perayaan.

Sultan Brunei Darussalam yang hadir menyaksikan pertunjukan terlihat sangat antusias dan menyukai tarian yang berasal dari Indonesia. Walaupun cuaca tidak mendukung, namun semangat masyarakat yang pawai tidak surut. Hujan deras yang berlangsung sekitar 2 jam tidak membuat peserta untuk berteduh, namun tetap melanjutkan kegiatan sebagai wujud dari penghormatan kepada negara.





Leave a Reply