Gubsu ApresiasI Khataman Al-Quran MAN 2 Medan Model Medan

0
178

MAJA BARUS. MEDAN. Gubsu H T Erry Nuradi mengapresiasi kegiatan khataman Al Quran yang diikuti 3.262 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Medan. Khataman bersama selain menanamkan rasa cinta Al Quran juga meningkatkan pemahaman dan pengamalannya oleh generasi penerus bangsa.

“Kegiatan ini sangat positif terutama untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap Al-Quran dapat melalui pembelajaran secara terus-menerus ditengah-tengah masyarakat dalam mewujudkan insan-insan yang Qurani,”ujar Gubernur Sumut HT Erry Nuradi saat menghadiri Khataman Al-Quran Kelas X, XI, dan XII MAN 2 Medan dalam rangka memasuki ujian akhir sekolah tahun ajaran 2017, Kamis (23/2).

Gubsu mengapresiasi langkah Kepala Sekolah MAN 2 Medan Drs H Burhanuddin Harahap yang memprakasai membentuk tahfidzul quran terutama dalam rangka menghadapi ujian akhir khususnya bagi siswa kelas XII yang akan mengikuti UAN Berbasis Komputer yang tidak lama lagi diselenggarakan.

“Dengan jumlah perserta sebanyak 3.262 orang yang sebentar lagi mengikuti ujian tentunya ini jumlah yang cukup banyak. Semoga para siswa dan siswi yang mengikuti ujian berhasil dan lulus semua,” ujarnya.

Dikatakan Gubsu, acara khataman Al-Quran yang digelar MAN 2 Medan dapat menanamkan rasa cinta kepada Al-Quran sebagai kita suci yang mengandung hikmah dan pengajaran bagi hidup dan kehidupan umat manusia. Selain itu juga untuk mendorong dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan Al-quran khususnya bagi generasi penerus bangsa.

“Penyelenggaraan Khataman Al-Quran seperti ini hendaknya jangan dilaksanakan secara temporer saja, tetapi lebih dari pada itu menjadi kegiatan rutin untuk mendorong dan memotivasi para siswa-siswi agar lebih mencintai, menghayati, memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran yang diridhoi Allah SWT,” harap Gubsu.

Al-Quran merupakan wahyu Illahi yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai penuntun dan pedoman bagi umat manusia dalam hidup dan kehidupannya. Al-Quran juga memberikan tawaran berbagai solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi sebagaimana pun sulitnya. “Oleh karenanya setiap umat muslim perlu menumbuhkan kegemaran memperdalam isi kandungan Al-Quran terutama bagi generasi penerus,” kata Gubsu.

Sebagai generasi penerus bangsa, lanjut Gubsu harus menyadari generasi muda sekarang ini nantinya akan hidup pada zaman yang terus berubah dan bergerak maju sesuai dengan zamannya. Oleh sebab itu generasi penerus harus dapat membekali diri dengan ilmu pengetahuan umum maupun agama dan keterampilan agar nantinya mampu mandiri dan berdikari serta memiliki sumberdaya manusia yang handal, beriman dan mengabdi kepada Alllah SWT.




Dalam kesempatan itu Gubsu juga berpesan agar salah satu hal yang patut menjadi perhatian bersama adalah upaya untuk menyaring arus informasi yang sangat cepat dan tidak mengenal batas-batas daerah maupun negara. Khususnya yang bertentangan dengan nilai-nilai keagamaan dan budaya karena hal tersebut dapat merusak maupun mempengaruhi pola pikir generasi muda.

“Sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memilah maupun menangkal pengaruh negatif dari perkembangan teknologi yang semakin maju dengan meningkatkan keimanan maupun nilai-nilai budaya bangsa kita,” tukas Gubsu.

Kepala sekolah MAN 2 Model Medan mengatakan khataman quran, kalau di sekolah lain khataman hanya di lakukan oleh siswa yang akan ujıan akhir nasıonal kelas 12. Tetapi di MAN 2 Model Medan, seluruh sıswa akan yang akan melakukan ujıan semester dan UAN.Setiap hari sabtu, seluruh siswa khatam quran, karena setiap kelas dan setiap siswa diwajibkan membaca 1 jus satu minggu 3.262 siswa, dari kelas X,XI dan XII .




Leave a Reply