Wali Kota Ingin Karang Taruna Bermanfaat Bagi Masyarakat

0
148

MAJA BARUS. MEDAN. Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi berharap kepada seluruh pengurus Karang Taruna Kota Medan agar tidak melaksanakan kegiatan yang sifatnya seremonial. Eldin mau kegiatan yang dilaksanakan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam pembinaan generasi muda sekaligus peningkatan kesejahteraan sosial.

Untuk itu, Wali Kota berpesan agar seluruh pengurus membuat program kerja yang menyentuh langsung dengan kepentingan masyarakat. Sebelum penyusunan program dilakukan, disarankannya para pengurus harus memahami dulu tugas pokok dari Karang Taruna.

“Pahami dulu apa yang menjadi tugas pokok Karang Taruna, sehingga program yang dilaksanakan tidak bersifat seremonial dan harus memberikan manfaat bagi masyarakat. Dengan demikian masyarakat merasakan keberadaan Karang Taruna,” kata Wali Kota ketika menerima pengurus Karang Taruna Medan periode 2016-2021 di rumah dinas Wali Kota Jl. Sudirman, Medan [Jumat 24/2].

Selaku Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kota Medan, Wali Kota pun menyarankan agar para pengurus berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan SKPD terkait, sehingga program kerja yang dilaksanakan bernilai positif dan berguna bagi masyarakat. Sebab, pimpinan SKPD merupakan pembina teknis dan harus mendukung kegiatan Karang Taruna.

Oleh karenanya, tegas Eldin, dia akan terus memantau dan mengawasi untuk memastikan SKPD terkait mendukung Karang Taruna, sehingga organisasi sosial yang menjadi wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif, dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan (baik itu  sumber daya manusia maupun sumber daya alam) yang ada dapat terwujud.

“Intinya, saya ingin Karang Taruna benar-benar bermanfaat bagi warga Kota Medan. Untuk itu, saya akan melakukan evaluasi setiap 6 bulan, termasuk melihat sejauh mana kontribusi yang diberikan SKPD terkait untuk mendukung kinerja Karang Taruna untuk pengembangan generasi muda serta peningkatan kesejahteraan sosial di tengah masyarakat,” tegasnya.

Ketua Karang Taruna Kota Medan (M Akhiruddin Nasution) didampingi AK hafifuddin (Wakil Ketua), Fachrur Razi (Wakil Ketua), M Adlin Siregar (Wakil Ketua), Kusmiah (Wakil Ketua), Suhardi Rambe (Sektretaris) dan Riswan ST (Wakil Bendahara) menjelaskan, selain silaturahmi sekaligus memperkenalkan diri, kunjungan ini dilakukan untuk mengundang Wali Kota menghadiri pelantikan mereka di halaman Kantor Wali Kota [Sabtu 18/3].




“Dalam pelantikan, kami akan memberikan santunan kepada 120 orang masyarakat yang kurang mampu. Santunan yang kami berikan ini merupakan hasil patungan dari para pengurus maupun anggota Karang Taruna. Untuk itu kami berharap agar Pak Wali hadir sekaligus memberikan arahan,” ujar Akhiruddin.

Kepada Wali Kota didampingi Kadis Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Medan, Mara husin Lubis SH, Akhiruddin juga mengungkapkan rencana mereka untuk menerbitkan majalah yang berisikan kegiatan-kegiatan Karang Taruna dan sosial kemasyarakatan.

Kemudian, tambah Akhiruddin lagi, mereka juga akan memberikan bantuan sebesar Rp. 5 juta kepada para pengurus di setiap kecamatan. Bantuan ini diberikan agar para pengurus di kecamatan punya kegiatan usaha, guna mengatasi tingkat pengangguran.

Yang terakhir, Akhiruddin berharap agar Wali Kota dapat memberikan mobil operasional.

“Mobil ini rencananya akan kita gunakan untuk mendukung operasional kerja Karang Taruna, termasuk memberikan sosialisasi kegiatan sosial kemasyarakatan maupun penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat,” harapnya.




Leave a Reply