Harga Jeruk Karo Tak Menentu Hari Ini di Pasar Induk Medan

0
442
Inilah jalan dari Kuta Bangun menuju Liang Melas. Bayangkan saja bila turun hujan deras. Selain menjadi sangat licin dan berkubang, kenderaan bisa juga terperosok dalam lubang dalam. Foto: B. Kurnia P.P. (Wartawan Sora Sirulo)

 

ARJUNA KEMBAREN. MEDAN. Harga Jeruk Karo (Jeruk Madu) di Pasar Induk Laucih (Medan) sngat tidak menentu hari ini [Minggu 26/2]. Kemarin [Sabtu 25/2] masih seperti beberapa hari hari lalu sebagaimana diberitakan oleh Sora Sirulo sebelumnya [Rabu 22/2]. Hari ini tiba-tiba saja menjadi tidak menentu dabn sulit diramalkan.

Oleh karena itu, para pedagang Jeruk Karo di Pasar Induk Laucih tidak berani menyampaikan daftar harga jeruk kepada wartawan.

“Harga jeruk dari Karo hari ini tidak tentu. Bisa tiba-tiba saja selangit, tergantung keberanian pembeli. Bisa juga kembali ke harga normal seperti kemarin,” kata Sembiring yang berasal dari daerah Liang Melas ini.

Ada 2 penyebab utama tidak menentunya harga jeruk hari ini. Pertama adalah karena memang panen jeruk dari daerah Liang Melas (Dataran Tinggi Karo bagian Barat) turun 80% dari biasanya mengikuti musimnya. Ke dua, hujan lebat turun kemarin di Liang Melas sehinnga jalanan sulit dilalui kenderaan pengangkut jeruk.

Dari informasi yang didapat oleh Sora Sirulo setelah mengontak rekanan di Kutambelin (ibu negeri Urung Liang Melas), ternyata hanya ada 2 pedagang dari Medan yang komoditi jeruknya berhasil turun dari Liang Melas ke Medan.




Jumlah jeruk yang turun ke Medan dari Liang Melas hari ini hanya 2% dari biasanya. Biasanya, setiap harinya paling sedikit 50 ton buah jeruk yang turun dari Kutambelin ke Medan. Hari ini, tidak lebih dari 10 ton yang berhasil turun ke Medan.

Itulah penyebab tak menentunya harga jeruk hari ini di Pasr Induk Laucih, Medan.

Menurut ramalan cuaca Google, malam ini daerah Kecamatan Tigabinanga mendung (setelah hujan seharian tadi siang), tapi besok pagi sekitar Pkl. 10.00 Wib mulai lagi hujan hingga malam harinya. Tentu saja, kondisi jalan akan semakin parah.

Berikut adalah harga Jeruk Karo (Jeruk Madu) kemarin [Sabtu 25/2] di Pasar Induk Laucih:

– Kelas Liang Melas (super) Rp. 18.000/ Kg

– Kelas AB Rp. 11.500

– Kelas C Rp. 8.000/ Kg

– Kelas Metek (Anak) Rp. 5.500/ Kg



Leave a Reply