Sirulo TV: Harga Jeruk Karo Meningkat Drastis di Jakarta

0
259

CALVINTA JADIBATA TUA. JAKARTA. Pasokan Jeruk Karo ke Jakarta semakin menurun dan diperkirakan akan berhenti sama sekali di pertengahan Pebruari 2017 ini. Biasanya pun memang begitu gerak pasokan komoditi jeruk ke Pasar Induk Jakarta dari berbagai sentra jeruk di Indonesia seperti Karo, Banyuangi, Jember, Bali, dan Pontianak (Kalimantn).

Sebagaimana telah diberitakan oleh Sora Sirulo sebelumnya (lihat di SINI), musim panen jeruk Karo telah semakin menyusut mengikuti gerak musimnya setiap tahun. Awal bulan April nanti total akan habis sehingga para pedagang antara harus liburan dulu atau beralih profesi sementara menunggu musim produksi selanjutnya.

Adapun di Pasar Induk Jakarta mulai terasa sejak 3 hari (Selasa 28/2]. Sejak itu, harga Jeruk Karo pun terus meningkat alias semakin mahal karena barang semakin sedikit. Sebagaimana biasanya,suatu waktu di bulan Maret ini pasokan Jeruk Karo akan berhenti dan kemudian digantikan oleh pasokan dari Jember.

Berikut adalah perhitungan gerak kenaikan harga jenis-jenis Jeruk Karo sejak 28 Pebruari 2017 hingga kemarin [Rabu 1/3] (Dari ukuran paling kecil hingga paling besar).

Dr dari Rp. 11 ribu ke Rp. 13 ribu

DTS dari Rp. 14 ribu ke Rp. 15.500

Dtop dari Rp. 16 ribu ke Rp. 17 ribu

C dari Rp. 19 ribu ke Rp. 20 ribu dan kemarin menjadi Rp. 21 ribu

Ab dari Rp. 22 ribu ke Rp. 24 ribu

 

Hari ini [Kamis 2/3], terjadi peningkatan harga yang cukup tajam. Dari semua ukuran, naik sebanyak Rp. 2 ribu. Berikut adalah daftar harga hari ini:

Dr Rp. 15 ribu

DTS Rp. 17.500

Dtop Rp. 19 ribu

C Rp. 23 ribu

Ab Rp. 26 ribu









Leave a Reply