Sirulo TV: Ada Peningkatan Jeruk Karo ke Jakarta Tapi Harga Tetap

0
263

 

CALPINTA JADIBATA TUA. JAKARTA. Diramalkan sebelumnya pasokan Jeruk Karo perlahan-lahan akan menurun hingga di pertengahan April akan berhenti total. Ramalan ini didasarkan pada regularits musim produksi jeruk di Tanah Karo. Akan tetapi, hari ini [Jumat 3/4], terjadi peningkatan pasokan Jeruk Karo di Pasar Induk Jakarta.

Penurunan pasokan Jeruk Karo ke Pasar Induk Jakarta telah dimulai 3 hari lalu [Selasa 28/2]. Sebagaimana telah diberitakan kemarin [Kamis 2/3], pasokan Jeruk Karo ke pasar induk ini menurun hingga 20 ton. Diperhitungkan hari ini akan menurun lagi.

Akan tetapi, kenyataannya, pasokan Jeruk Karo malahan meningkat menjadi 25 ton.

Namun begitu, teori ekonomi yang mengatakan peningkatan ketersediaan barang di pasar akan diikuti penurunan harga jual barang tidak berlaku di sini. Harga Jeruk Karo masih seperti yang kemarin di saat pasokan buah jeruk hanya 20 ton.

Menurut percakapan yang beredar di Pasar Induk Jakarta, peningkatan pasokan jeruk ini karena adanya panen besar di Kecamatan Tigapanah (Kabupaten Karo) dan wilayah pemukiman tradisional Karo lainnya di Kecamatan Silima Kuta (Kabupaten Simalungun). Adapun yang dari Kecamatan Tigapanah diduga berasal dari kampung Lauriman.

Inilah harga Jeruk Karo sebagaimana dicatat oleh Sora Sirulo kemarin di Pasar Induk Jakarta.

Dr Rp. 15 ribu/ Kg

DTS Rp. 17.500/ Kg

Dtop Rp. 19 ribu/ Kg

C Rp. 23 ribu/ Kg

Ab Rp. 26 ribu/ Kg





Leave a Reply