Warga Antusias Ikut Senam Jantung Sehat & Lomba Memasak Medan

0
242

MAJA BARU. MEDAN. Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Ketua TPP PKK Kota Medan sekaligus Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Sumatera Utara, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin ikut senam jantung sehat bersama ribuan warga Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan [Minggu 5/3]. Selain menjaga dan merawat kesehatan jantung, senam ini digelar dalam rangka mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga.

Kegiatan pelaksanaan senam jantung kali ini tampak lebih meriah. Di samping jumlah pesertanya terus bertambah setiap minggunya, kali ini pelaksanaan senam jantung sehat dirangkaikan dengan perlombaan memasak yang diselenggarakan salah satu prouden peralatan dapur bertajuk happy cooking . Itu sebabnya usai mengikuti senam, tidak sedikit ibu-ibu mengikuti perlombaan memasak tersebut.

Senam jantung sehat dimulai sekitar pukul 07.00 WIB setelah Wali kota bersama Ketua TP PKK tiba di lokasi. Sebelumnya, masyarakat yang telah hadir lebih dahulu melakukan gerakan pemanasan sebelum mengikuti senam jantung sehat. Diiringi musik dan dipandu sejumlah instruktur, masyarakat dengan penuh antusias mengikuti senam jantung sehat yang sangat bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan jantung tersebut.

Tidak hanya masyarakat, senam jantung sehat ini juga diikuti hampir seluruh pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan, camat, lurah serta kepala lingkungan. Mereka berbaur dengan masyarakat dan mengikuti semua gerakan yang diperagakan para instruktur guna memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Waktu yang dihabiskan untuk melakukan senam ini tidak lama, tidak sampai satu jam. Namun jika diikuti dengan sungguh-sungguh, manfaatnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Itu sebabnya Wali Kota telah menginstruksikan senam jantung sehat digelar rutin setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka bekerja sama dengan YJI Cabang Sumut.

“Jika rutin mengikutinya, insya Allah warga Kota Medan akan terhindar dari penyakit jantung,” kata Wali Kota.

Usai senam mengikuti senam jantung sehat, Wali Kota bersama ketua TP PKK selanjutnya membuka lomba memasak yang dipusatkan di tengah-tegah Lapangan Merdeka. Tercatat, ratusan ibu-ibu mengikuti perlombaan memasak ini, termasuk peserta senam jantung maupun pengurus PKK kelurahan dan kecamatan.

Pembukaan ditandai memasak telur ceplok dengan menggunakan teplon tanpa menggunakan minyak goreng yang dilakukan Wali Kota bersama Ketua TP PKK. Setelah itu para peserta pun serentak memulai lomba memasak. Sebagai bentuk ungkapan terima, produsen peralatan dapur itu menyerahkan cindera mata kepadaWali kota dan Ketua TP PKK.

Selanjutnya Wali kota dan Ketua TP PKK didampingi Kadis Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Medan, Mara Husin Lubis SH dan Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, HM Husni SE MSi beserta sejumlah pimpinan SKPD meninjau pelaksanaan lomba memasak. Selain ingin melihat kecekatan ibu-ibu memasak, Wali kota dan Ketua TP PKK juga memberikan semangat dan motivasi agar masakan yang dimasak benar-benat enak dan lezat sehingga dapat memenangkan perlombaan.

Lomba memasak ini berakhir setelah dewan juri melakukan penilaian. Pemenang lomba memasak ini selanjutnya mendapatkan hadiah menarik yang diserahkan Wali kota didampingi Ketua TP PKK. Usai menyerahkan hadiah, Wali Kota sangat mengapresiasi digelarnya lomba memasak bersamaan dengan dilaksanakannya senam jantung sehat.

“Saya yakin jika pelaksanaan senam jantung sehat dirangkaikan dengan kegiatan seperti ini, pasti animo masyarakat untuk hadir semakin tinggi karena mereka tidak monoton hanya mengikuti senam jantung sehat saja. Saya berharap SKPD terkait dapatmenggandeng stakeholder lainnya untuk membuat kegiatan seperti ini setiap senam jantung sehat digelar,” pesan Wali Kota.

Sementara itu Kadis Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Medan, Mara Husin Lubis SH menyatakan siap untuk menindaklanjuti pesan Wali Kota tersebut. Apalagi mulai Minggu [12/3] depan, Car Free Day kembali digelar. Meski demikian, tegas Mara Husin senam jantung sehat tetap digelar.

“Sebelum Car Free Day digelar, kita melaksanakan senam jantung sehat. Selain diisi dengan sejumlah kegiatan olahraga, seperti biasa di penghujung pelaksanaan Car Free Day kita akan bagi-bagikan hadiah kepada para pengunjung melalui lucky draw. Kita juga akan menggandeng parastakeholder untuk mendukung pelaksanaan Car Free Day sehingga mampu menarik perhatian masyarakat untuk mengikutinya,” jelas Mara Husin.






Leave a Reply