Kecamatan Sibolangit Keluhkan Jalan Rusak ke Darmawansyah Sembiring

0
372

 

IMANUEL SITEPU. SIBOLANGIT. Warga yang bermukim di Kecamatan Sibolangit mengeluhkan jalan alternatif yang menghubungkan Desa Bandarbaru (Kecamatan Sibolangit) hingga menuju Kecamatan Biru-biru (Kabupaten Deliserdang) yang masih mengalami kerusakan dan sempit. 

Hal tersebut terungkap saat anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Dapil 3 Kabupaten Deliserdang, Fraksi PDI Perjuangan), Darmawansyah Sembiring SE, melakukan kegiatan Reses II tahun Sidang III tahun 2016-2017 di Desa-desa Bandarbaru, Sukamaju, dan Bukum (Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang) [Sabtu 4/3].

“Sebenarnya masih banyak keluhan masyarakat di sini. Salah satunya adalah jalan yang menghubungkan Kecamatan Sibolangit menuju Kecamatan Biru-biru yang mengalami rusak parah dan sempit,” sebut masing-masing seorang tokoh masyarakat, tokoh Agama, dan tokoh adat ditambah seorang tokoh pendidikan Kecamatan Sibolangit Ripin Sitepu (63) dalam acara reses ini.

Menurut Ripin Sitepu, infrastruktur jalan yang dimaksud merupakan objek vital yang harus mendapat perhatian serius dari pemerintah. Pasalnya, selain menunjang prekonomian masyarakat, jalan tersebut juga menjadi jalan alternatif dari Dataran Tinggi Karo menuju Kota Medan (Karo Hilir).

“Sebagai bukti, saat longsor terjadi di jalan Bandar Baru menuju Sembahe, jalan ini satu satunya jalan alternatif terdekat menuju Medan. Ribuan kenderaan terpaksa melintas melalui jalan ini. Tapi sayangnya jalan tersebut rusak parah dan tidak terawat seperti terabaikan,” sambung Eliot Sitepu (45) warga Dusun Batu Sianggehen Desa Suka Maju.

Mendapat keluhan warga, Darmawansyah Sembirig SE yang duduk di Komisi D SPRD Sumut ini mengaku tetap akan berjuang agar jalan alternatif dari Sibolangit menuju Biru-biru yang semula berstatus Jalan Kabupaten Deliserdang di ambil alih oleh Provinsi.

“Sebenarnya jalan alternatif dari Sibolangit menuju Biru-biru hingga tembus ke Kecamatan Delitua sudah kita usulkan agar ditingkatkan kelasnya menjadi jalan Provisinsi. Dengan demikian jalan tersebut bisa dipastikan akan lebih bagus jika kelas jalannya ditingkarkan,” terangnya.




Pada kesempatan itu, sebagian masyarakat Desa Bandar Baru, Suka Maju, Cinta Rayat, Bukum, Martelu, Buluh Awar, Sala Bulan, Rumah Pil-pil, Desa Nageri yang ikut hdir dalam kunjungan tersebut mengucapkan banyak trimakasih kepada Darmawansyah Sembiring SE yang sudi melangkahkan kakinya berkunjung ke desa mereka. Apalagi, Darmawansyah Sembiring yang terkenal cukup dermawan ini telah meberikan bantuan alat perlengkapan pesta untuk Dusun Batu Sanggehen dan Dusun Saring Kulit.

“Jangankan anggota DPR Sumut, DPRD dari kabupaten saja tidak pernah tatap muka langsung seperti ini, lalu mendengar aspirasi masyarakat. Baru kali ini terjadi. Biasanya kalau sudah terpilih, anggota dewan yang katanya wakil rakyat, tidak pernah lagi menemui rakyatnya. Mereka seperti kacang lupa kulit. Tapi begitu pemilihan sudah dekat, mereka datang lagi untuk mengumbar janji palsu,” celoteh sejumlah warga yang hadir seraya mengatakan kalau Darmawansyah Sembiring mau maju menjadi Bupati Deliserdang, mereka akan mendukungnya.

Sementara menurut Darmawansyah Sembiring SE ketika ditemui secara terpisah, kegiatan reses yang dilakukan, sekaligus untuk membayar hutang budi dan moral masyarakat yang telah memilihmya.

“Saya merasa bersalah dan berdosa kalau begitu duduk sebagai anggota dewan, lalu mengabaikan masyarakat. Saya merasa berhutang budi dan moral. Sebagai wakil rakyat, saya harus menampung aspirasi mereka demi kesejahteraan masyarakat,” ujar Darmawansyah Sembiring.






Leave a Reply