Ketua Yayasan Jantung Indonesia Resmikan KJS Polonia

0
254

 

 

MAJA BARUS. MEDAN. Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Sumatera Utara Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH meresmikan Klub Jantung Sehat Polonia Medan di Hermes Palace Polonia, Medan [Sabtu 4/3]. Peresmian ini sekaligus dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus Klub Jantung Sehat Polonia Medan.

Ketua YJI Sumut mengungkapkan kebanggaannya atas peresmian KJS Polonia Medan sebagai KJS yang pertama diresmikan di Kota Medan. Peresmian ini memperlihatkan antusiasme dan kesadaran masyarakat di Kecamatan Medan Polonia dalam menciptakan suatu komunitas masyarakat aktif sebagai pelopor gaya hidup sehat di tengah-tengah masyarakat, khususnya dalam kepedulian terhadap kegiatan olahraga, pemberian penyuluhan, edukasi serta pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat sekitar.

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, dengan tingkat kehidupan semakin bersaing dan serba instan, telah membentuk masyarakat yang memiliki pola hidup kurang bergerak serta lebih memilih mengkonsumsi makanan yang serba instan. Hal tersebut menjadi penyebab meningkatnya angka penderita penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah di Kota Medan.

“Inilah yang menjadi perhatian serius dari Yayasan Jantung Indonesia Sumatera Utara untuk semakin giat dalam memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat di Sumatera Utara Khususnya Kota Medan terkait cara pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui serangkaian kegiatan bersifat preventif dan edukatif,” ujar Rita Maharani didampingi Ketua 3 YJI Sumut Drs. Musaddad.

Dirinya berharap organisasi seperti YJI Sumut dan KJS Polonia Medan inilah yang menjadi ujung tombak di tengah masyarakat untuk mengkampanyekan kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya hidup sehat dengan memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah sehingga potensi penyakit jantung sebagai salah satu penyakit mematikan di dunia itu bisa dicegah sejak dini.

“Ingat 5 Panca Usaha SEHAT Yayasan Jantung Indonesia, S= Seimbang Gizi, E= Enyahlah Rokok, H= Hindari dan Hadapi Stress, A= Awasi Tekanan Darah dan T= Teratur dan Terukur Dalam Berolahraga,” ajak Rita dengan semangat bergelora.

Yayasan Jantung Indonesia Sumatera Utara lanjut Rita yang juga merupakan Ketua TP PKK Kota Medan, terus menggalakkan olahraga Senam Jantung Sehat yang diselenggarakan secara rutin dan massal setiap Mingu Pagi pukul 06.30 WIB di Lapangan Merdeka Medan.

Untuk itu Rita mengajak seluruh warga Kota Medan untuk sama-sama mengikuti kegiatan senam tersebut setiap Minggu paginya bersama keluarga dan sahabat-sahabat terkasih, berolahraga, menjaga kebugaran jantung dan tubuh yang sehat, karena olahraga Senam Jantung Sehat ini telah menjadi ikon baru Kota Medan sangat dinanti-nantikan masyarakat luas setiap minggunya.

Saat ini YJI Sumut juga tengah menjajaki program kerjasama dengan Pemerintah Kota Medan guna mengupayakan agar Klub Jantung Sehat bisa tersebar merata di 21 Kecamatan yang ada di Kota Medan, dengan harapan bisa menularkan budaya dan pola hidup sehat bagi seluruh masyarakat, sehingga kedepan angka penderita penyakit jantung dan pembuluh darah dapat semakin ditekan.




Sebelumnya Ketua KJS Polonia Medan, Kelana Putra yang baru dilantik oleh Ketua YJI Sumut Rita Maharani menyebutkan KJS Polonia Medan ini adalah organisasi sosial yang bersifat mandiri dimana para relawan yang berada didalamnya rata-rata berusia 35 tahun ke atas bekerja tidak mencari materi namun lebih kepada niat sosial membantu sesama demi bekal amal akhirat.

“Sebagai wujud komitmen kami bekerja sama dengan YJI Sumut dan Pemko Medan pada kepedulian sesama, KJS Polonia siap melaksanakan berbagai kegiatan sosial diantaranya olahraga Senam Jantung Sehat setiap hari Rabu dan Jumat, Bakti Sosial setiap hari Jumat di Atrium Hermes Palace Polonia Medan, bahkan hingga bekerja sama dengan PMI Kota Medan 3 (tiga) bulan sekali untuk aksi donor darah,” bilang Kelana.

Selain itu acara peremian dan pelantikan pengurus KJS Polonia Medan turut dihadiri oleh Wakil Ketua Yayasan Jantung Indonesia Prof. DR. Sutomo Kasiman, Dewan Kota, Datuk Aidil Abraham, Kadis Kesehatan Kota Medan drg. Usma Polita Naution, Plt. Camat Medan Polonia M. Agha Novrian, S.STP, M.Si, serta mewakili Danramil 05/Medan Baru Kapten Inf Mutaqin.






Leave a Reply