Harga Lembu di Tigapanah dan Daging di Kabanjahe Hari Ini

0
619

NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Seperti biasanya, pekan lembu dan kerbau (tiga kerbo) di Tigapanah (Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo) jatuh pad hari ini [Selasa 14/3]. Seperti biasanya juga, setiap hari Selasa pekan ini ramai dikunjungi oleh para pedagang kerbau dan lembu serta para pembeli.

Baik penjual maupun pembeli berdatangan dari berbagai daerah yang antara lain Siantar, Medan, Aceh dan berbagai kampung di Dataran Tinggi Karo.

Harga lembu per ekornya sangat bervariasi, tergantung pada usia lembu, besar, dan selera pembeli. Sebagian orang membeli lembu untuk peliharaan, sebagian lain untuk disembelih sebagai makanan pesta atau untuk dijual sebagai daging di pasar. Proses tawar menawar tentunya sangat berperan dalam menentukan harga defenitip.

Umumnya harga bervariasi dari Rp. 11 juta ke Rp. 35 juta. Tapi, untuk lembu jenis lokal yang baru pisah dari induk sekitar Rp. 8 juta. Sedangkan lembu jenis limosin yang telah lepas dari induk sekitar Rp. 12 juta.

Harga Daging Sapi

Daging sapi hari ini di Kabupaten Karo masih seperti kemarin, tidak ada perubahan berarti. Sebagaimana dicatat oleh Sora Sirulo di Pasar Kabanjahe, harga daging hari ini [Selasa 14/3] adalah sebagai berikut:

Daging Nomor 1 (paha): Rp. 100 ribu/ Kg

Daging Nomor 1 (has): Rp. 100 ribu/ Kg

Nomor 2, daging dada: Rp. 80 ribu/ Kg

Daging Cincang: Rp. 50 ribu/ Kg

Tulang: Rp. 50 ribu/ Kg





Leave a Reply