B. KURNIA P.P. MARDINGDING. Kondisi sungai Lau Kapur di Desa Mardingding (Kecamatan Mardingding, Kabupaten Karo) mengalami pendangkalan. Bahkan gorong-gorong jalan tersumbat sehingga air sungai mengalir di atas bahu jalan Medan–Kutacane. Ini membuat badan jalan terancam rusak.

Informasi yang diterima wartawan [Rabu 15/3] dari warga Mardingding menggambarkan air sungai Lau Kapur telah lama mengalir melintasi bahu jalan akibat tersumbatnya gorong-gorong. Banyak pengendara terkejut melihat aliran air sungai ini, apalagi saat itu malam hari.

Darmanta Ginting yang Ketua KNPI Kecamatan Mardingding mengatakan di Mardingding, ini terjadi akibat lambannya pemeliharaan jalan oleh satuan kerja Penanganan Jalan Nasional (PJN) wilayah I Balai Besar Penanganan Jalan Nasional (BBPJN) Kementerian PU di Medan. Luapan sungai Lau Kapur ke badan jalan perlu segera ditangani.

“Kalau dibiarkan begitu saja, jalan terancam rusak,” katanya.




Selanjutnya dia menjelaskan, yang perlu diwaspadai ketika hujan turun deras, volume air sungai akan membesar dan arus lalu lintas akan terputus atau macet. Belakangan ini, saat hujan turun, air sungai sering membawa ranting kayu serta bebatuan bercampur lumpur melewati badan jalan. Pengendara yang datang dari arah Kutacane dan sebaliknya harus menghentikan kederaannya untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

Menurut Darmanta, bahwa gorong-gorong tersumbat akibat sungai mengalami pendangkalan sehingga bebatuan yang hanyut tidak dapat melewati gorong-gorong dan menutup saluran air di bawah jalan.

“Kalau dibiarkan berlama-lama seperti itu, ruas jalan terancam rusak bahkan bisa saja memutus arus lalu lintas jurusan Medan–Kutacane,” ujar Darmanta.

Di tempat terpisah, air Sungai Arimas juga sering meluap dan mengalir membelah badan jalan. Hal ini juga disebabkan oleh saluran drainase yang menghubungkan arus ke gorong-gorong Lau Patepu mengalami pendangkalan. Saluran air lebih tinggi dari badan jalan. Akibat aliran air Sungai Bekerah Arimas yang terus menggenangi jalan di lokasi itu, akibatnya kondisi jalan saat ini telah rusak.






Leave a Reply