HEVI S. TARIGAN. MEDAN. Pemprovsu dan Negara Korea rencananya akan bekerjasama membangun pembangkit listrik di kawasan Danau Toba. Hal ini terungkap saat kunjungan Green Technology Center Korea (GTCK) [Selasa, 14/3] untuk beraudiensi dengan Gubsu Ir. HT Erry Nuradi. Gubsu menyambut baik rencana Pemeritah Korea melakukan investasi di bidang energi listrik di Sumut.

“Kita menyambut baik rencana pemerintah Korea yang akan berinvestasi di Sumut dalam bidang tenaga listrik dari lingkungan bersih,” kata Gubsu didampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Hj. Hidayati pada saat menerima rombongan GTCK di kantornya Jl. Dipenegoro, Medan.

juga hadir anggota DPD RI Parlindungan Purba bersama pimpinan GTCK Shin Kyung-Nam dan anggotanya Shin Myung-Sub dan Yang RY-Won. Gubsu Erry berharap agar Pemerintah Korea tidak hanya membangun energi listrik tetapi juga dapat membantu pembangunan di sektor pariwisata Danau Toba.

“Untuk itu Pemprovsu membutuhkan dukungan dari semua pihak baik dari Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dan pihak PLN,” jelasnya lagi.

Sementara dari pihak GTCK yang didampingi anggota DPD RI Parlindungan Purba menjelaskan, bahwa pemerintah Korea sangat tertarik untuk membantu Sumut dalam teknologi, khususnya tentang energi terbarukan.

“Dengan akan direncanakannya pembangunan Danau Toba sebagai energi lingkungan bersih (Green Energi) untuk itulah pada bulan ini Gubsu Erry Nuradi diundang untuk menjadi pembicara tentang potensi Danau Toba tingkat International di Korea,” paparnya.

Lebih lanjut Parlindungan menjelaskan, energi terbarukan/energy lingkungan bersih akan mampu menambah pasokan listrik sebesar 10 MW.

“Sebenarnya pihak pemerintah Korea bersedia direalisasikan sesuai kebutuhan Sumut, tetapi kembali kepada pihak pemerintah Sumut dan PT. PLN.

Rencana pembangunan energi bersih ini dilakukan agar Sumut menjadi lebih baik lagi, baik dibidang energi dan pariwisatanya,” ungkapnya.









Leave a Reply