PRSU 2017 Telah dibuka. Besok Ramona Purba dan Antha Prima Ginting Lantunkan Rengget

Laporan Metra N. Ginting dari Areal PRSU (Medan)

Gubsu membuka Pekan Raya Sumatera Utarà (PRSU) ke-46 Tahun 2017 di areal PRSU Jl. Gatot Subroto (Medan) [Jumat 17/3]. Pada tahun 2017 ini, PRSU termasuk dalam Kalender wisata nasional. Pembukaan PRSU berlangsung meriah dengan kehadiran Gubsu didampingi Wakil Gubsu Nurhajizah, Sekda Provsu Hasban Ritonga serta bupati/walikota se Sumut. Kabupaten Humbang Hasundutan yang menjadi tuan rumah pembukaan PRSU ini.

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan PRSU merupakan satu-satunya pekan raya tingkat provinsi yang penyelenggaraanya berkelanjutan memuat potensi dan budaya daerah.

“Tahun 2017, PRSU masuk kalender nasional Kementerian Pariwisata yang ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata,” kata Gubsu.

Dia menjelaskan Kemenbudpar telah menetapkan 3 event sebagai destinasi wisata bertaraf nasional di Sumut yaitu PRSU, Pesta Danau Toba dan Ramadhan Fair. Gubernur berharap agar pelaksanaan PRSU lebih maksimal dan tonjolkan potensi dan kekayaan budaya dari masing- masing daerah sebagai wujud dan kesiapan PRSU sebagai miniatur provinsi Sumut.

“Tahun lalu sudah ditandatangani kerjasama agar paviliun yang ada dibuka setiap hari dalam setahun. Karena sangat sayang kalau tempat yang strategis ini hanya dibuka setahun sekali,” kata Gubernur.




Mulai tahun depan pihaknya akan memberi subsidi kepada seluruh kabupaten/ kota yang ingin buka stand sepanjag tahun. Melalui persetujuan DPRD Sumut, setiap kabupaten akan mendapat subsidi Rp 25 juta per bulan atau Rp 300 juta setahun agar bisa Pameran produk dan budaya berlangsung setiap tahun.

“Sehingga apa bila ada tamu yang tidak cukup waktu datang ke seluruh daerah bisa mengunjungi PRSU, selain itu juga menjadi upaya promosi produk daerah,” katanya.

Kepada Pemkab dan Pemko yang telah memiliki paviliun di area PRSU, Gubsu menghimbau untuk berperan aktif mendukung program open daily PRSU dengan penganggaraan melalui APBD masing-masing.

“Pemprov akan mendukung melalui APBD provinsi dengan persetujuan DPRD SU,” ujar Gubsu lagi.

Gubsu juga berharap seluruh kabupaten/ kota dapat miliki paviliun permanen di area. Hanya tinggal dua kabupaten dan satu kota yang belum memiliki paviliun.

Gubernur mengapresiasi Penyelenggaraan Inotech Award yang dilaksanakan utuk ke dua kalinya. Perlombaan inovasi teknologi yang memperebutkan piala Gubernur itu diikuti lebih dari 100 peserta dari perguruan tinggi dan SMK. Salah satu karya peserta sudah diaplikasi pada pelaksanaan PRSU yaitu elektronic card sebagai pass masuk arena.

“Terimakasih panita telah tunjukkan komitmen kuat dalam pengembangan inovasi tepat guna,” katanya.

Ketua Yayasan PRSU Nuzirwan Lubis mengatakan pihaknya berupaya lebih maksimal dan menonjolkan kekayaan budaya sehingga PRSU dapat menjadi deskripsi miniatur Sumut. Dia menyebutkan pada pelaksanaan tahun sebelumnya, PRSU dikunjungi oleh 180 ribu pengunjung.

“Diharapkan even PRSU menjadi sarana yang efektif bagi Pemkab dan Pemko untuk mensosialisasikan potensi sumberdaya daerah,” katanya.

PRSU dimeriahkan dengan malam pementasan budaya daerah, karnaval kendaraan hias dari kantor gubsu ke arena PRSU.

Setiap hari digelar hiburan artis dari Kota Medan dan juga artis ibukota. PRSU diikuti peserta dari luar provinsi​ yaitu Jawa Timur dan entrepeneur muda dari Singapura dan Thailand. Selesai acara PRSU dapat buka paviliun sepanjang tahun. PRSU tahun 2017 diikuti 333 peserta, 33 kab kota, 100 BUMD, 100 UKM dan 100 kuliner. Dibandingkan tahun lalu menurut Nuzirwan terjadi kenaikan peserta hingga 20%.

Dalam kesempatan itu, Gubsu meresmikan paviliun baru milik Kabupaten Humbang Hasundutan. Bupati Humbahas berharap melalui keberadaan paviliun daerahnya bisa semakin dikenal dan dikunjungi wisatawan mancanegara. Dalam kesempatan itu ditampilkan Fragmen kolosal bertajuk Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII yang disutradarai oleh Thomson HS.


Di Paviliun Kabupaten Karo ada berbagai barang yang dipamerkan mulai hasil pertanian seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang menjadi unggulan Kabupaten Karo. Selain itu, terdapat juga berbagai ornamen karo dan barang trasional Karo. Dari segi obyek wisata, Paviliun Kabupaten Karo juga memarken VCD mengenai potensi wisata dan ada juga penayangan video mengenai Pariwisata Karo.

Pada Senin [20/3] dimulai pukul 19.00 Wib, Pekan Raya Sumatera Utara Kabupaten Karo menggelar Malam Kesenian Budaya Karo yang dihibur dengan penampilan penyanyi Karo Ramona Purba dan Anta Prima Ginting.

Save

Save







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.