DENHAS MAHA. MEDAN. Pelantikan Organisasi Rudang-rudang Pengarapen Liang Melas Datas dan Gendang Guro-guro Aron siap digelar di Jambur Halilintar Padangbulan, Medan, besok [Sabtu 25/3] hingga besok lusa [Minggu 26/3]. Lahirnya kembali Rudang-rudang Pengarapen Liang Melas Datas tidak terlepas dari upaya mempererat hubungan silaturahmi masyarakat 8 desa di 4 (Empat) kecamatan yang berbeda di Kabupaten Karo.

Selaku Ketua Panita Pelaksana, Erista Perangin-angin mengatakan kepada Sora Sirulo, acara yang digelar selama 2 hari ini diharapkan mampu mempertemukan dan melepas kerinduan warga 8 Desa yang tergabung di dalam Rudang-rudang Pengarapen di Kota Medan.

“Di samping akan menampilkan adu perkolong-kolong, acara ini akan menampilkan banyak bintang tamu dan Tari Persembahan dari anggota Rudang-rudang Pengarapen sebagai hiburan dan wujud rasa kecintaan terhadap budaya Karo,” kata Erista.

Jimmy Perangin-angin SKom yang merupakan ketua terpilih yang akan dilantik di acara ini mengatakan, organisasi ini nantinya akan difungsikan sebagai wadah bagi masyarakat Liang Melas Datas dalam upayanya membangun kuta kemulihen (kampung asal) yang kurang diperhatikan oleh pemerintah seperti Infrastruktur jalan yang bertahun-tahun buruk, sarana dan prasana pendidikan, dan sarana kesehatan yang kurang memadai.

“Untuk mendapat sarana kesehatan, warga kerap jauh keluar dari daerah. Padahal potensi pertanian cukuplah besar di daerah yang dijuluki Liang Melas Datas ini,” kata Jimmy.

Tanggapan lainnya datang dari penggiat seni Karo dan merupakan pelatih tari di Rudang-rudang Pengarapen, Astron Madya Tarigan. Astron merasa bersyukur dipercaya sebagai pelatih tari Rudang-rudang Pengarapen Liang Melas Datas dan berharap anggota Rudang-rudang Pengarapen mampu menghilangkan Sumbang Sisiwah dari perilaku sehari-hari.

“Karena jaman yang semakin berkembang, nilai- nilai kearifan lokal pun semakin tergerus sehingga perlu dibentengi,” ujarnya.

Rudang-Rudang Pengarapen Liang Melas Datas adalah masyarakat yang terdiri dari pelajar, mahasiswa yang berasal dari Desa-desa Sukajulu, Kuta Mbaru Punti, Batu Mamak, Pola tebu, Kuta Mbelin, Kuta Pengkih, Cerumbu dan Kuta kendit. Panitia dan BPH terpilih Turut mengundang kehadiran masyarakat Liang Melas Datas dan Masyarakat Karo di Kota Medan untuk dapat hadir dan ikut serta memeriahkan Acara ini.

#Rudangrudangpengarapen










Leave a Reply