Oleh: Simon Ginting (Batam)

Penulis (kiri)

Membaca dan menulis ternyata sangat bermanfaat buat menambah pengetahuan dan juga wawasan terhadap suatu masalah. Di era tehnologi informasi seperti sekarang ini, kegiatan suka menulis dan menyebarkan melalui media, sangat berpengaruh besar bagi masyarakat luas untuk pemahaman informasi berita. Asal berita yang disebarluaskan benar, jelas dan sumbernya dapat dipercaya.

Di luar konteks permasalahan di atas, ternyata menulis punya ilmu dan trik tersendiri. Tentunya hal yang utama, wawasan kita harus luas terhadap semua hal dan topik yang sedang berkembang, sehingga apa dan bagaimana maksud yang akan disampaikan di dalam tulisan, dapat dicerna dan dimengerti oleh masyarakat luas, tentunya dengan membaca tulisan tsb.

Zaman suka menulis sebenarnya sudah jauh kutinggalkan, sewaktu masih sekolah dahulu. Mungkin di waktu sekolah tingkatan SMP -SMA. Tapi kini, ingatan dan goresan pena tsb masih ingin rasanya dituangkan dalam dunia yang lebih berkembang seperti sekarang ini.





Hal apa yg membuat aku secara pribadi, sehingga ingin menulis dan melakukanya lagi? Jawabnya singkat, media sosial dan lebih terpenting adalah JMS (JAMBURTA MERGA SILIMA) (sebuah group facebook, red.). Di group ini, semangatku ditempah dan digali sehingga memuncak jauh ke depan. Terkadang tak terbendung oleh tulisan dan artikel-artikel penting yang selalu ingin dimengerti, yang kemudiang diterbitkan oleh sang guru yang sekaligus kuanggap sang motivator handal, yaitu para admin JMS.

Terlebih JMS selalu memberi ruang dan pengawasan kepada member, sehingga dapat menampung segala bentuk unek-unek sampai kepada menulis artikel atau tulisan yang dapat dimuat di media dan medsos group. Hal itulah yang membuatku ingin bangkit dan ingin mengejar ketertinggalan, tentunya di bidang menulis.

Tulisanku kuakui memang belum bagus. Masih banyak perbendaharaan kata demi kata yang perlu diperbaharui, kadang agak sulit dimengerti makna dan maksud tujuanya. Tapi aku ingin terus belajar. Keinginan belajar menulis itu ternyata menemukan wadah dan ruang yang kukategorikan naik selevel dan setingkat.

Puncak dari itu semua adalah keikutsertaanku dalam pelatihan kompetensi jurnalis. Kegiatan ini diadakan oleh Depnaker Batam bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen dan LPK Gemilang beberapa hari lalu, selama  3 hari di The Hill Hotel, Batam. Mohon maaf kegiatan itu tak saya sebarluaskan.

Banyak ilmu yang penting dapat diserap dari pelatihan ini, yang berguna bagi pengembangan bakat menulis. Ditambah lagi narasumber pemberi materi dari kalangan orang yang handal di bidangnya. Ya.. ya…



tak perlulah saya sebut satu demi satu. Tapi yang lebih terpenting lagi dari semua itu adalah karya menulis ke depanya. Karakter tulisan apa yang ingin saya sampaikan. Terpenting dari semuanya adalah semoga sertifikat tersebut jangan hanya dibawa tidur atau bahkan hanya terselip di lemari .. ha .. ha …

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih banyak buat Sora Sirulo, atas semangat dan pemahaman serta motivasinya, sehingga semua ini dapat berkembang. Semoga ke depan saya terus dapat memberi kontribusi dengan tulisan yang menarik dan bermanfaat tentunya, di group JMS dan media lainya yang kita cintai bersama. Salam hormat saya dan Mejuah-juah man bandu bang Juara R. Ginting dan semoga terus mau memberi trik ilmunya, sehingga saya, kita dan semua member group dapat lebih baik dan lebih berkembang lagi dan tak lupa tentunya Sora Sirulo.


1 COMMENT

  1. “Membaca dan menulis ternyata sangat bermanfaat buat menambah pengetahuan dan juga wawasan terhadap suatu masalah. Di era tehnologi informasi seperti sekarang ini, kegiatan suka menulis dan menyebarkan melalui media, sangat berpengaruh besar bagi masyarakat luas untuk pemahaman informasi berita.”

    Penulis dan pembaca Sora Sirulo dalam fungsi sehari-harinya memanfaatkan den memperluas wawasannya tiap hari demi pencerahan, perubahan dan perkembangan masyarakat Karo dan Indonesia umumnya.
    Membaca, memperdalam dan memperluas pengetahuan.
    Menulis sebagai praktek langsung adanya pengetahuan dan juga berfungsi memperdalam pengetahuan yang sudah diraih lewat membaca itu. Tulisan berfungsi sebagai pencerahan tetapi juga sebagai pendorong bagi sipenulis untuk mengembangkan diri.

    MUG

Leave a Reply