Mabes Polri Canangkan Desa Lingga Jadi Percontohan Bebas Narkoba

0
429

B. KURNIA P.P. KABANJAHE. Kapolri Jenderal Tito Karnavian melalui Ka. Direktur Binmas Baharkam Polri diwakili oleh Wadir Binmas Baharkam Polri Kombes Pol Ricky F. Wakanno mengunjungi Desa Lingga (Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo) [Minggu 2/4]. Kunjungan ini merupakan bagian dari Program Kerja Mabes Polri untuk menjadikan desa ini menjadi desa percontohan Bebas Narkoba, yang pencanangannya dilakukan secara holistik se-nusantara.





Dalam sambutannya, Kombes Pol. Ricky F. Wakanno didampingi Paur Polmas Subdit Polmas Dit Binmas Baharkam Polri (AKP Anjar Malem Bangun), Wakapolres Karo (Kompol Riza Fahlevi Lubis), Kasat Binmas Polres Karo (AKP Irianto), dan Kapolsekta Berastagi (Kompol Agustinus Sitepu) di hadapan Kepala Desa Lingga Serpis Ginting, Ketua BPD Pelita Sinulingga, panitia purpursage Gidion Sinulingga dan tokoh agama, masyarakat, serta warga Desa Lingga di losd Desa Lingga.

Beliau menyampaikan, Kapolri sangat bersukacita jika dapat bertatap muka dengan warga yang merupakan kerinduan jajaran institusi Polri.

Lanjut mantan Kalpolres Karo ini yang juga telah ditabalkan menjadi merga Ginting, mengharapkan supaya ini sesuai dengan eksistensi Desa Lingga sebagai desa budaya, harus dipertahankan dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Karo yang diwariskan leluhur warga Karo dari masa-lalu. Termasuk bebas dari penyakit HIV dan AIDS, serta penyakit-penyakit masyaraat lainya yang kini berkembang di daerah Sumatera Utara dan di Kabupaten Karo pada khususnya.

“Generasi muda di Desa Lingga harus dapat menjadi polisi, dapat mengikuti segala bentuk tes. Rajin berolahraga, berenang, dan mengatur makanan, dan tidur. Masuk polisi tidak ada pakai uang. Murni karena kemampuan, kesehatan, dan dapat mengikuti segala ujian fisik dan akademik, serta psikotest. Jangan percaya kalau ada oknum tertentu memberi iming-iming dapat memasukkan warga Lingga menjadi polisi dengan menyerahkan sejumlah uang,” tegas Ricky dilanjutkan penyerahan seperangkat alat olahraga berupa bola voli yang diterima kepala desa dan perangkatnya.




Kepala Desa, Serpis Ginting didampingi Ketua BPD Pelita, Sinulingga, panitia purpursage Gidion Sinulingga beriterima kasih atas kunjungan serta perhatian Ricky F. Wakanno utusan dari Mabes Polri ke Desa Lingga.

“Mudah-mudahan apa yang diharapkan Kapolri dalam Program Berantas Narkoba dapat kami laksanakan bersama perangkat desa serta didukung seluruh komponen masyarakat,” ujar Serpis Ginting dilanjutkan landek (menari) bersama dengan Ricky F Wakanno dan rombongan bersama masyarakat di losd desa penuh kekeluargaan dan sukacita.


Leave a Reply