B. KURNIA P.P. KABANJAHE. Pemerintah Kabupaten Temanggung (Jawa Tengah) menggelar Press Tour di Kabupaten Karo, dipimpin oleh Asisten Administrasi (Sigit Purwanto) [Senin 3/4]. Mereka diterima oleh Bupati Karo yang diwakili Kadis Pertanian Karo (Sarjana Purba). Rombongan dibawa ke kebun jruk di Kecamatan Merek, Objek Wisata Alam Danau Toba di Taman Simalem Resort, Penatapen Air Terjun Sipiso-piso Kabupaten Karo.





Rombongan dari Temanggung terdiri dari Asisten Administrasi Temanggung (Drs. Sigit Purwanto MM), Kepala BPPKAD Temanggung (Ir. Kristi Widodo), Kepala Bappeda Temanggung (Drs. Bambang Dewantoro), Para Kepala Bagian Setda Kabupaen Temanggung, para awak media se Kabupaten Temanggung).

Maksud kedatangan rombongan Pemkab Temanggung mengadakan Press Tour ke Kabupaten Karo adalah untuk mengetahui cara bertani jeruk dan melihat keindahan objek wisata di Kabupaten Karo untuk dijadikan acuan dalam Pembangunan Pertanian dan Wisata Kabupaten Temanggung.

Kedatangan Rombongan Pemkab Temanggung Jawa Tengah disambut baik oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo (Sajana Purba SH), Kadis Perikanan Kabupaten Karo (Metehsa Purba), Kabag Otda Setda Kabupaten Karo (Robinson Brahamana), Kabag Humas dan Protokol Setda Kab Karo (Drs. Djoko Sujarwanto), Camat Merek (Tomy Heriko Sidabutar), Kasubbag Humas dan Pelaporan (Harun Surbakti SSTP).

Dalam sambutannya, Kadis Pertanian mengatakan, jeruk di Kabupaten Karo sudah mengalami banyak penurunan diakibatkan oleh penyakit jeruk yang belum ditemukan pestisida yang pas memberantas serangga lalat buah. Serangga inilah menyebabkan jeruk di Kabupaten Karo banyak yang mati.

“Penghasilan utama Kabupaten Karo dari dulu sebelum adanya lalat buah yaitu dari pertanian Jeruk. Namun sekarang, hanya beberapa jeruk di Kabupaten Karo yang masih bisa bertahan hidup sehingga perekonomian masyarakat menurun,” jelas Sarjana Purba mengakhiri sambutannya.

Pada saat Press Tour ke Kebun Jeruk di Desa Garingging (Kecamatan Merek), Pemkab Temanggung melalui Asisten Administrasi mengatakan sangat kagum melihat jeruk yang ada di kabupaten Karo.

“Selama ini, yang saya kenal jeruk Medan, ternyata di Medan tidak ada jeruk, saya baru merasakan ada jeruk semanis ini,” tutur Sigit Purwanto.




Sekretaris DPRD Kabupaten Temanggung menambahkan, jeruk di Kabupaten Karo sangat berbeda dengan Jeruk Temanggung. Jeruk Karo ini rasanya mendunia. Kami meminta kepada Kabupaten Karo untuk mengadakan kunjungan balasan ke Kabupaten Temanggung agar nantinya perekonomian kedua Kabupaten dapat meningkat melalui pertanian jeruk. Bisa diintegrasikan cara membudidayakannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kunjungan yang berlangsung selama lebih kurang 2 jam dilanjutkan ke Taman Simalem Resort Merek untuk makan siang dan sholat yang disambut sukacita rombongan Pemkab Temanggung (Jawa Tengah).


Leave a Reply