B. KURNIA P.P. KABANJAHE. Dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Pemilu dan berdemokrasi, KPUD Karo resmikan Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Karo yang terletak di Jl. Selamat Ketaren No. 9 Kompleks Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, Kabanjahe [Kamis 30/3].

Hadir dalam peresmian tersebut Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Perwakilan KPU Provinsi Sumatera Utara Nazir Salim Manik, Ketua KPUD Karo Benyamin Pinem, Gemar Tarigan, Perwakilan Dandim 0205/TK, Perwakilan Kajari Karo, Pimpinan Partai Politik dan anggota, unsur Kepala Sekolah, Unsur Pelajar, dan undanngan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Karo (Benyamin Pinem) menyampaikan bahwa rumah pintar yang diresmikan dinamai Sapo Mela La Milih dalam Bahasa Karo yang berarti Rumah Malu Tidak Memilih. Diharapkan dengan nama itu warga Kabupaten Karo Malu Tidak Memilih.

Di Rumah Pintar Pemilu ini kita dapat manfaatkan untuk belajar mengenai pemilihan umum. di sini kita mendapatkan informasi mengenai Pemilu mulai dari sejarah Pemilu, hasil Pemilu dan lain sebagainya menegenai Pemilu. Terdapat audio visual, ruang peraga, diskusi dan simulasi.




“Dengan adanya rumah ini, tanggung jawab kita sebagai pemilih semakin besar. Di sini kita mengenalkan Pemilu kepada pemilih pemula untuk lebih memahami Pemilu, apa tujuan Pemilu, dan nantinya pemilih pemula dapat menjadi pilar menyampaikan informasi,” kata Ketua KPU Karo di Kantor KPU Karo.

Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang dalam kesempatan ini menyampaikan semoga Rumah Pintar Pemilu KPU ini dapat meningkatkan hasil Pemilu dari sisi kuantitasnya dan kualitasnya menjadi lebih baik. Pendidikan Pemilu melalui Rumah Pintar KPU diarahkan untuk mencerdaskan masyarakat.




“Kiranya Rumah Pintar Pemilu ini dapat dipakai semaksimal mungkin untuk aktivitas pendidikan. Ini merupakan bentuk pelaksanaan wewenang dan kewajiban KPU dalam mensosialisasikan Pemilu sekaligus sebagai wahana edukasi,” kata Wabup.

Usai memberikan sambutan, Wakil Bupati Karo (Cory S Sebayang), Perwakilan KPU Provinsi Sumatera Utara (Nazir Salim Manik), Ketua KPUD Karo (Benyamin Pinem) dan undangan lainnya meresmikan Rumah Pintar Pemilu KPU ditandai dengan pemotongan pita dan sekaligus peninjauan ruangan.


Leave a Reply