NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktivitas Gunung Api Sinabung pagi kemarin [Kmis 6/4] tadi belum menunjukan penurunan. Tingginya aktivitas kegempaan gunung ini saat ini masih terus teramati dari Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung.





Ini menandakan potensi erupsi disertai luncuran awan panas masih bisa terjadi kapan saja pada Gunung Api Sinabung meskipun tidak teramati dengan jelas karena Sinabung kembali diselimuti kabut tebal. Begitupun, masih terlihat adanya semburan debu vulkanik di sela-sela kabut yang menyelimuti Sinabung.

Petugas di Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung saat ini terus mengamati adanya peningkatan kegempaan yang terus terjadi, menandakan suplay mahma yang masih terus berlangsung saat ini. Ini pertanda terus mengancam terjadinya erupsi dan luncuran awan panas. Sementara itu, tumpukan kubah lava di kawasan puncak Sinabung yang sudah mencapai 1,7 juta kubik saat ini membuat ancama awan panas Sinabung masih cukup tinggi.

Armen Putera (Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung) mengatakan, masih tingginya aktifitas Sinabung terhadap ancaman awan panas.  PVMBG menghimbau agar warga tetap berada di posisi yang aman sebagaiman sudah direkomendasikan selama ini untuk menghindari jatuhnya kembali korban akibat ancaman awan panas.










Leave a Reply