CALPINTA GINTING. JAKARTA. Kurang lebih 2 tahun sudah lamanya Pasar Baru yang bernama Pasar Induk Modern Cikopo. Selama itu pula ternyata Jeruk Karo sudah tersedia di sana. Kita bisa temukan kios yang menjual Jeruk Karo di sana.

Namun begitu, pemilik kios Jeruk Karo sedikit meragukan prospek Jeruk Karo di pasar yang satu ini. Di sini, pasaran Jeruk Karo tidak sesemarak di Pasar Induk Keramat Jati. Tidak semua ukuran dari Jeruk Karo laku dijual di Pasar Induk Modern Cikopo. Hanya ukuran-ukuran kecil dari Ukuran DTS ke bawah (lebih kecil). Hanya beberapa kios Jeruk Karo yang masih tetap bertahan di Cikopo

Masalahnya adalah bahwa Jeruk Karo terlalu mahal sehingga sulit mendapatkan untung besar dalam memperdagangkannya. Tanpa untung besar, resikonya terlalu besar pula.

“Bila dijual mahal untuk mendapatkan untung besar, resikonya barang kita bisa tidak laku. Kalau dijual murah, untungnya terlalu sedikit dalam menghadapi kemungkinan naik turunnya harga yang tidak menentu,” tutur pria merga Ginting yang menjual jeruk di sebuah kios di Pasar Induk Modern Cikopo.










Leave a Reply