NELSON GINTING. MEDAN. Gubsu (H.T. Erry Nuaradi) menawarkan investasi pembangunan pembangkit listrik energi terbarukan di Sumut kepada Prancis. Hal itu disampaikan Gubsu kepada rombongan Dubes Perancis untuk Indonesia (Jean Charles Berthonnet) di rungan kerja Gubsu kemarin [Senin 10/04].





“Kami sangat membutuhkan pembangkit listrik energi terbarukan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Pembangkit Listrik Tenaga Air (- Laut), ataupun Pembangkit Listrik Tenaga Angin. Karena Sumatera punya potensi besar,” kata Erry kepada Dubes.

Erry melanjutkan, dirinya mendengar Perancis punya pengalaman sangat baik dalam mengembangkan teknologi energi terbarukan.

“Matahari di sini bersinar 12 jam sehari selama setahun, sangat baik kalau ada teknologi dari Perancis untuk pengembangannya. Kami sangat berharap ada perusahaaan energi terbarukan bisa berinvestasi di Sumut,” kata Erry lebih lanjut.

Gubsu juga menjelaskan berbagai potensi pariwisata, perkebunan, pertanian, perdagangan, jasa dan kelautan kepada Dubes.

“Karena kami punya Pantai Barat dan Pantai Timur. Perancis punya banyak pengalaman di bidang-bidang itu, mungkin kita bisa bekerjasama. Kami juga ingin salah satu wilayah di Perancis bekerjasama secara sister city dengan Sumut,” katanya.

Gubsu juga menawarkan kegiatan pertukaran pelajar, budaya, dan beasiswa belajar di Perancis bag




pelajar Sumatera Utara. Menjawab permintaan Gubsu, Dubes Perancis mengatakan pihaknya akan mengumpulkan investor yang terkait di bidang pengembangan pembangkit listrik energi terbarukan. Dia mengatakan, kunjungan pihaknya ke Sumut dalam rangka menindaklanjuti kerjasama yang sudah disepakati antara Presiden Perancis dan Presiden RI Joko Widodo.

“Berbicara tentang kemaritiman, pada kerjasama 29 Maret lalu oleh Presiden Perancis dan Indonesia, kedua presiden sepakat kerjasama lebih di bidang maritim dan kerjasama lainnya,” kata Berthonnet.

Dia mengatakan Sumut banyak memiliki potensi ekonomi dan budaya yang bisa dikembangkan dalam bentuk kerjasama. Menurutnya, banyak kontrak yang ditandatanagani dalam kunjungan kerja Presiden yang diantaranya terkait di Sumatera.

“Saya harap kunjungan ini bisa menghasilkan hal baru yang bisa dikerjasamakan baik itu ekonomi maupun budaya melalui Alliance Francaise,” kata Dubes.

Dalam kunjungan Dubes Prancis ini turut dalam rombongan antara lain, Pimpinan Angkatan Bersenjata Perancis untuk Asia Pasific RADM Dennis Bertrand, Atase Pertahanan Perancis untuk Indonesia Commander Gael Lackroik, Konsul Perancis di Jakarta Marie Noelle Duris, dan Konsul Kehormatan Perancis di Medan Oliver Tichit, serta Ketua Yayasan Kerjasaa Indonesia Perancis (Alliance Francaise) di Sumut Pogy Kurniawan.

Sementara itu Gubsu didamping Assisten Ekbang Ibnu S. Hutomo, Assisten Pemerintahan Jusadi Damanik, Kepala Badan Lingkungan Hidup Hidayati, Kepala Biro Otda Basarin Yunus Tanjung, dan mewakili Bappeda dan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu.




Leave a Reply