Kasus yang menimpa penyidik KPK Novel Baswedan mestinya dapat menjadi pelajaran yang sangat berharga buat lembaga anti korupsi kita yaitu KPK. Sering kali kita melihat jika ada OTT, wajah para anggota KPK tidak ditutupi pakai SEBO, dan mungkin para tersangkanya yang ditutupi wajahnya. Yang lebih bahayanya lagi, ketika pers menyebutkan nama para penangkap dan yang melakukan penangkapan atau pun OTT.


Mestinya dari kejadian yang menimpa Novel Baswedan ini KPK ataupun kepolisian/ kejaksaan bisa merubah sedikit pola yang sudah ada selama ini, sehingga keamanan para petugas negara lebih terjamin.




Kasus Novel Baswedan ini telah menunjukkan kepada kita, bahwa masih ada orang yang tidak takut terhadap hukum yang berlaku. Sisi lainnya adalah memunculkan sifat teror dari pada pelaku kejahatan terhadap petugas negara. Dengan begitu, ada kemungkinan para anggota KPK akan menjadi takut dan gentar menyidik kasus korupsi yang melibatkan orang-orang yang punya uang banyak dan berpengaruh di negara ini.

Khusus di dalam kasus Novel Baswedan ini, mestinya kepada para pelaku dan otak kejahatan berencana seperti ini tidak boleh diberikan toleransi sedikitpun. Menjahati orang jahat bukanlah kejahatan, tapi dalam konteks perlindungan keselamatan bagi para petugas negara ini.

Semoga kasus ini adalah yang paling terakhir di republik ini. Saya yakin, seluruh rakyat Indonesia akan setuju jika pelaku kejahatan ini ditindak sangat tegas. Terimakasih.










Leave a Reply