DENHAS MAHA. MEDAN. Sekdaprov Sumut Hasban Ritonga meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Percut Sei Tuan [Senin 10/4].

“Hasil wawancara kita dan tinjauan, semua proses pelaksanaan ujian (UNBK) berjalan baik. Dari 329 orang siswa peserta, semuanya hadir dan alat-alat yang digunakan juga berfungsi baik,” ujar Hasban kepada wartawan usai meninjau pelaksanaan UNBK.




Dirinya berharap seluruh siswa peserta UNBK 2017 bisa menguasai teknologi dan tidak kesulitan dalam menggunakan aplikasi online tersebut. Sehingga pada pelaksanaan kali ini, ujian yang digelar serentak di seluruh Indonesia bisa terlaksana maksimal, khususnya di Sumut.

“Kita harapkan ini sampai selesai ujian, semua berjalan lancar. Dan dari persiapan sekolah, semua sudah diantisipasi termasuk kemungkinan adanya pemadaman listrik,” kata Hasban.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Muliadi mengatakan, bahwa dalam persiapan pelaksanaan UNBK sebelumnya, pihaknya telah melakukan tiga kali simulasi kepada para peserta ujian termasuk dengan menggelar try out agar para siswa bisa mengoperasikan komputer berikut aplikasinya.

“Kita siapkan tim IT untuk mengantisipasi adanya gangguan teknis koneksi,” sebutnya.

Untuk kebutuhan penggunaan komputer lanjut Muliadi, pihaknya menyediakan sebanyak 120 unit komputer ditambah 70 unit lagi yang disewa untuk mencukupi jumlah siswa yang dibagi menjadi dua gelombang. Termasuk juga dengan berkoordinasi ke PLN setempat agar tidak ada pemadaman listrik selama ujian berlangsung.

“Ada juga kita sediakan cadangan komputer 10 unit. Kalau untuk anak-anak tidak ada masalah. Hanya berdasarkan pengalaman kita tahun lalu, disiapkan juga genset. Agar ini bisa terlaksana sampai hari terakhir ujian,” pungkasnya.










Leave a Reply