DENHAS MAHA. MEDAN. Wagubsu (Nurhajizah Marpaung) mengatakan, Pemprovsu berkomitmen mendukung pembangunan kota Gunung Sitoli dengan menghadirkan investasi.

“Tidak menunggu tahun depan, tahun ini Inshaallah investasi masuk,” ujar Wagubsu.

Hal tersebut dikatakan Wagubsu saat menghadiri Malam Pagelaran Seni dan Budaya Kota Gunung Sitoli [Selasa 11/4] di PRSU Jl. Jend. Gatot Subroto Medan. Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPR RI Komisi I Marinus Gea Ir.lakhomizaro Zebua dan Wakil Walikota Sowa’a Laoli, SE, M.Si, Ketua DPRD Kota Gunung Sitoli bersama anggota, Unsur Forkopinda Kota Gunung Sitoli, Kadis Pariwisata Provsu E Marbun, Kadis Pariwisata Kota Gunung Sitoli, tokoh masyarakat Nias dan masyarakat Nias yang ada di Kota Medan.




Untuk mendukung hal tersebut, Wagubsu mengajak semua pihak sepakat dan bergandengan tangan. Walaupun anggaran untuk mewujudkan pembangunan tersebut tidak kecil,  dan bila dari APBD tentunya tidak memungkinkan. Oleh karenanya semua pihak menurutnya harus bersama-sama bergandeng tangan untuk menarik investor.

“Memang uang sangatlah penting, tapi tidaklah segala-galanya. Tidak harus uang di kantong kita. Bisa dari kantong Singapura, China dari kantong mana-mana. Asal kita sepakat, solid, dengan masyarakat solid, setiap investor pasti melirik gunung sitoli, karena indahnya Gunung Sitoli,” ujar Wagubsu.

Disampaikan oleh Wagubsu, tahun 2017 Pemprovsu mengalokasikan dana Rp. 65 Miliar kepada Dinas PU Binamarga Provsu untuk Kepuluan Nias. Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan oleh PU Binamarga Sunut akan direalisasikan dalan waktu dekat.

“Kita berdoa bersama pada tanggal 8 Agustus 2017 akan dilakukan peletakan pertama investasi  untuk pembangunan Nias, khususnya pariwisata,” sebut Wagubsu.

Provinsi Sumut ke depan di Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provsu juga mengalokasikan dana untuk kurang lebih  13 miliar untuk pembangunan terkait sungai dan irigasi bagi Nias secara keseluruhan.

“Mari kita wujudkan apa yang menjadi impian kita semua untuk menjadikan kepulauan Nias menjadi destinasi mancanegara, bukan hanya menjadi impian, namun idaman kita semua dan mancanegara,” ujar Wagubsu.

Walikota Kota Gunung Sitoli  Ir. lakhomizaro Zebua mengatakan bahwa dirinya dan wakil walikota  Gunung Sitoli maju menjadi walikota dan wakil walikota karena mempunyai target, yaitu satu tahun harus ada perubahan di kota yang lebih baik di Gunung Sitoli. Karena Presiden, lanjutnya, telah mempercayakan dan menyarankan Kota Gunung Sitoli untuk menjadi kota Pariwisata.




“Kami bertekad bersama wakil walikota dan seluruh jajaran untuk menata Kota Gunung Sitoli yang maju, nyaman dan berdaya saing. Prinsip kami bagaimana kota Gunung Sitoli menjadi sejajar minimal dengan kota-kota yang ada di Sumatera Utara,” sebutnya.

Pada kesempatan itu Walikota juga mengharapkan dukungan dari pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan mengajak seluruh masyarakat untuk dapat memajukan Kota Gunung Sitoli melalui budaya agar dikenal hingga ke mancanegara.

“Mudah-mudahan dengan dukungan dari semua pihak Kota Gunung Sitoli bisa dikenal hingga ke mancanegara,” harapnya.


Leave a Reply