BASTANTA P. SEMBIRING. SIMPANG RAMBUTAN (JAMBI). Paskah dalam kalender gerejawi Kristen dikenal sebagai hari dimana Yesus telah bangkit dari kematian, mengalahkan maut. Sebelum Paskah, ada juga dikenal dengan Kamis Putih (hari Yesus ditangkap) dan Jumat Agung (harinya Yesus disalibkan dan mati).

Iman Kristen mempercayai kematian Yesus adalah sebagi korban bagi penebusan dosa manusia, dan kebagkitanNya sebagai kemenangan atas maut dan kuasa iblis. Sehingga umat Kristen di seluruh dunia pun menjadikan perayaan Paskah sebagai salah satu perayaan terpenting dalam kalender gerejawi. Setiap tahun selalu ada dilaksanakan ibadah-ibadah dan perayaan untuk mengenang hari besar tersebut.

Di GBKP Runggun Suban, setiap tahun juga selalu diadakan ibadah untuk mengenang ketiga hari besar tersebut, dan khusus Paskah, sudah dua tahun berturut-turut sebelumnya dilakukan perayaan dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Paskah tahun ini di Runggun Suban tidak jauh berbeda dengan 2 tahun sebelumnya. Diawali dengan pawai obor. Kegiatan ini dilakukan oleh kelopok ibadah anak dan remaja (KA-KR), dan ini merupakan kali ketiga kegiatan ini dilakukan di GBKP Suban.

Mengambil start di Gang Jeruk [Minggu 16/4, Pukul 05.00 wib], peserta berjalan sejauh lebih kurang 350 meter melintasi Jalan Lintas Timur Sumatera menuju gereja. Dalam pawai obor ini tampak dari kaum pemuda dan orangtua juga turut berbaur dalam pawai, atau sekedar melakukan pengamanan, mengingat jalur yang dilintasi adalah jalan lintas antar provinsi yang cukup sibuk dilalui kendaraan.

Sesampainya di tujuan (gereja), peserta pawai kemudian dikumpulkan di lapangan gereja, membentuk lingkaran untuk kemudian menggelar api unggun. Kemudian dilanjutkan dengan ibadah Paskah di dalam gedung gereja.

Ibadah Paskah dilakukan secara gabungan dengan semua kategorial kelompok ibadah, seperti lazimnya ibadah umum, yang dimulai pukul 07.00 wib hingga 10.00 wib, dan dilanjut acara makan bersama dan ditutup sekitar pukul 13.00 wib, dimana sebelumnya diisi dengan berbagai kegiatan dan permainan yang dikhususkan untuk kelompok usia anak dan remaja.









Leave a Reply