DENHAS MAHA. MEDAN. Memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Sumatera Utara ke-69, Gubsu H T Erry Nuradi menziarahi makam para Gubernur Sumatera Utara pendahulu yaitu Marah Halim Harahap, Rajainal Siregar dan T Rizal Nurdin [Senin 17/4]. Ziarah dimaknai sebagai ungkapan terimakasih dan penghargaan atas gubernur terdahulu yang telah berjasa ikut memajukan Sumatera Utara.

Gubsu didamping Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Bambang Sugeng Rukmono, Wagubsu Hj Nurhajizah, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Sekda Provsu Hasban Ritonga, dan rombongan mengawali kegiatan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan. Ziarah dilanjutkan kompleks Pemakaman Mesjid Raya Al Mashun Medan dimana makam Alm H T Rizal Nurdin yang merupakan kakak kandung Gubsu H T Erry Nuradi.




“Hari ini dalam rangka hari jadi Provinsi Sumatera Utara, bersama unsur pimpinan daerah, Kepala SKPD, tokoh masyarakat dan ormas berziarah utuk mengenang jasa para mantan Gubsu dan tokoh Sumut. Sebagai bangsa yang besar kita harus mengenang jasa para pendahulu,” ujar Gubernur usai memimpin ziarah.

Sumatera Utara bisa menjadi seperti saat ini, menurut Gubernur tidak terlepas dari sejarah panjang. Peranan para Gubernur dan tokoh masyarakat ikut memberi kontribusi yang tidak sedikit terhadap perkembangan dan kemajuan Provinsi berbilang kaum Sumatera Utara.

“Para gubernur sebelumnya memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda dengan berbagai kelebihan dan prestasi yang patut dijadikan pelajaran dan contoh,” kata Gubsu. Erry mengatakan dirinya menjadikan para gubernur sebagai suri tauladan dalam menjalankan amanah memimpin Sumatera Utara.

Kegiatan ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dan diikuti dengan mengheningkan cipta. Gubernur meletakkan karangan bunga pada tugu yang berada di pusat makam pahlawan.

Selanjutnya Gubsu diiringi para unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) menziarahi makam mantan Gubsu Rajainal Siregar dan makam Gubsu periode 1966-1977 H Marah Halim. Rombongan juga menziarahi mantan Pangdam I Bukit Barisan H Abdul Manaf Lubis. Pada setiap makam Gubsu mengawali dengan penghormatan dan tabur bunga di pusara serta berdoa.

Usai ziarah di makam pahlawan, rombongan melanjutkan kegiatan ziarah ke kompleks pemakaman Mesjid Raya Al Mashun Medan. Gubsu memimpin tabur bunga dan doa di pusara Alm H T Rizal Nurdin yang tewas pada kecelakaan pesawat udara Mandala Air saat menjabat sebagai Gubsu.










Leave a Reply