NELSON GINTING. MEDAN. Keberadaan pemuda yang sentral saat ini dituntut untuk menjadi agen perubahan dalam merespon perkembangan media dan jurnalistik yang begitu pesat. Untuk itu melalui Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan [Senin 17/4: Sore] dapat menjadi media bagi pemuda dan mahasiswa dalam memberikan warna kreatifitas dalam keprofesian jurnalistik nasional saat ini.

Hal tersebut ditekankan Walikota Medan (Drs. H T Dzulmi Eldin S, MSi) dalam arahannya yang dibacakan oleh Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Medan Marah Husin Lubis SH dan didampingi Kabid Kepemudaan, Suryadi, ketika membuka Diklat Jurnalistik bagi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Medan Tahun 2017 di Hotel Garuda Citra Medan.

“Pemuda bagi saya adalah harta dan kekuatan untuk pembangunan bangsa karena memiliki jiwa muda yang siap menggebrak dengan pemikiran kritis dan tindakan nyata. Untuk itu para pemuda harus aktif dan selalu memberikan sumbangan pemikiran kepada perkembangan Kota Medan ke depannya,” ajak Walikota Medan.




Di hadapan Ketua DPD IMM Sumatera Utara, Ketua IMM Kota Medan, Ketua Fokal IMM Kota Medan dan peserta Diklat Jurnalistik Walikota juga menambahkan agar transfer ilmu bidang jurnalistik yang diberikan oleh para narasumber harus dipahami dan dikembangkan untuk menghasilkan generasi muda dengan keterampilan jurnalistik yang kritis, kreatif dan berkarakter.

“Kami sangat terbuka akan masukan dari orang-orang kreatif. Berilah kepada kami saran, masukan dan kritik yang membangun dan berdampak luas, sehingga hubungan antara pemerintah daerah dan pemuda terus bersinergi dalam mendukung pembangunan kota dan masyarakatnya,” pesan Walikota.

Jangan lupa, tambahnya, jurnalis yang baik harus memberikan informasi yang bermanfaat dan dapat diterima maknanya dengan baik oleh masyarakat sebagai pembacanya.

“Jangan sampai justru memberikan berita yang hoax,” katanya.




Sementara itu, Ketua IMM Kota Medan Ridho Suwarno, berterima kasih kepada Pemerintah Kota Medan yang memfasilitasi kegiatan pembinaan kepemudaan di Bidang Jurnalistik bagi IMM Kota Medan.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan Pemko Medan yang memberikan ruang kepada generasi muda untuk terus mengembangkan dirinya diberbagai bidang dan disiplin ilmu. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi kader-kader IMM Kota Medan,” sebut Ridho.

Diklat jurnalistik ini diikuti oleh ratusan kader IMM Kota Medan yang terdiri dari berbagai komisariat IMM di Kota Medan.

Selain itu Diklat ini menghadirkan pemateri yang merupakan para akademisi dan praktisi di bidang jurnalistik.


Leave a Reply