Danau Baru Sinabung Melebar

0
2549

NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktifitas guguran awan panas yang masih kerap terjadi membentuk danau baru di lereng Gunung Api Sinabung beberapa bulan belakangan ini. Fenomena alam ini mulai menjadi perhatian warga yang nekad masuk ke Zona Merah Sinabung untuk melihat bagaimana proses pembentukan danau baru ini.

Danau baru ini semakin meluas saat ini. Aktifitas Gunung Api Sinabung yang saat ini masih terus mengalami guguran awan panas disertai erupsi yang mengarah ke bagian Tenggara dan Selatan lereng gunung menutup aliran air sungai Lau Borus di kawasan lereng gunung.




Selama ini ada danau Lau Kawar yang sempat menjadi salah satu tempat tujuan wisata terpenting di Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung). Kini, beberapa bulan belakangan ini telah terbentuk danau baru di Selatan Sinabung yang semangkin meluas.

Selain membentuk danau baru yang saat ini sudah mencapai kurang lebih 7 ha luasnya, terlihat akibat terjangan awan panas sejumlah desa seperti Desa Simacem dan Desa Bakerah hampir punah. Kedua desa ini sudah lama ditinggalkan warganya dan pindah ke tempat relokasi di Gunung Siosar.

Tidak lagi terlihat warga di kedua desa dan pemukimannya teah tertimbun material letusan Gunung Api Sinabung.










Leave a Reply