JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Dengan adanya perubahan struktur organisasi perangkat daerah yang menyesuaikan dengan Peraturan Pemerintah No 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah, Pemko Medan dituntut untuk segera menyusun Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja yang baru berdasarkan perubahan struktur perangkat daerah.

Hal tersebut mendasari dilaksanakannya Bimbingan Teknis Analisis Jabatan di Lingkup Pemerintah Kota Medan bertempat di Hotel Garuda Plaza Medan [Rabu 19/4].

Walikota Medan (Drs. H T Dzulmi Eldin MSi) diwakili Asisten Administrasi  Umum Setda Kota Medan Ikhwan Habibi Daulay SH M.Hum menyambut baik program Pemko Medan untuk segera menyusun desain Analisis Jabatan ASN yang baru.

“Ini sifatnya sudah mendesak dan harus segera didesain Anjab yang baru karena sangat diperlukan untuk menunjang dan menyempurnakan kebutuhan organisasi perangkat daerah di Lingkup Pemko Medan,” kata Walikota dalam sambutannya yang dibacakan Ikhwan Habibi.

Menurutnya, Analisis Jabatan bukanlah merupakan analisa pribadi atau individu personil dalam jabatan, tetapi merupakan analisa teknis berkenaan dengan karakteristik jabatan tersebut yang diharapkan dapat membantu dan memudahkan SKPD dalam melakukan manajemen organisasi. Anjab yang disusun nantinya akan menjadi salah satu tolak ukur pemberian Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) ASN Pemko Medan.




“Dengan menerapkan prinsip the right man on the right place diharapkan penyelenggaraan pemerintah dapat berjalan dengan lancar dan dapat melahirkan berbagai inovasi dan gebrakan baru untuk menunjang pekerjaan kita, khususnya dalam menjalankan fungsi sebagai pelayan masyarakat,” lanjut Ikhwan Habibi.

Sebelumnya Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda Kota Medan Drs Albon Sidauruk dalam laporannya menjelaskan tujuan diselenggarakannya bimtek ini ialah untuk lebih meningkatkan pemahaman peserta tentang penyusunan analisis jabatan sekaligus pemutakhiran data analisis jabatan yang telah disusun oleh seluruh SKPD pada priode sebelumnya karena adanya perubahan struktur dan nomenklatur terbaru di lingkungan Pemko Medan.




Bimtek yang diadakan selama dua hari 19-20 April 2017 ini diikuti sebanyak 136 peserta yang terdiri dari Kasubbag yang menangani masalah kepegawaian dan staf yang menangani analisis jabatan di masing-masing SKPD di lingkungan Pemko Medan.

Bimtek Anjab ini difasilitasi oleh narasumber dari Badan Kepegawaian Negara yakni Suhartono S.Sos dan Hendriyadi yang khusus membidangi mengenai analisis jabatan.


Leave a Reply