JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan bersama Dewan Riset Daerah (DRD) Kota Medan mengadakan road show ke PTPN III Sumatera Utara [Jumat 21/4] dalam rangka persiapan penyusunan kerangka penelitian Tahun 2017 di Kantor PTPN III Sumatera Utara Jl. Sei Batanghari No 2, Medan.

Dalam sambutannya, Kepala Balitbang Kota Medan Drs. Marasutan MPd menyebutkan bahwa kedatangan Balitbang bersama DRD Kota Medan adalah untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dengan PTPN III Sumut sebagai salah satu stakeholder pendukung yang diniliai strategis mendukung pembangunan daerah dalam rangka mencari masukan dan referensi yang akan dijadikan sebagai bagian gambaran penelitian Kota Medan.

Penelitian daerah yang dimaksudkan ini ungkap Marasutan adalah untuk mempersiapkan pembangunan Kota Medan yang didasarkan pada pembangunan kota berbasis riset. Kita ingin mengejar ketertinggalan dari negara lain yang merencanakan suatu pembangunan berbasis riset dulu lalu berkembang sehingga menjadi negara yang maju secara komprehensif, bukan menjadi kota yang terjebak masalah dahulu, lalu melakukan riset sebagai upaya penyelesaiannya.

“Untuk itu bersama DRD Kota Medan yang dipimpin Prof Dr. Syawal Gultom, M.Pd, kami ingin membangun relasi komunikasi untuk mencari kerangka masukan yang terbaik dalam merencanakan pembangunan Kota Medan yang berbasis riset,” ucapnya.

“Seperti saat ini Pemerintah Kota Medan bersama DRD Kota Medan tengah melakukan riset tentang pengembangan smart city di Kota Medan, selain itu juga sedang dilakukan rencana pengembangan infrastruktur kota masa depan, serta pembangunan ekonomi masyarakat Kota Medan,” lanjutnya.




Sementara itu Ketua DRD Kota Medan yang juga merupakan Rektor Universitas Negeri Medan Prof Dr. Syawal Gultom MPd, menyebutkan keberadaan PTPN III Sumut yang strategis dengan pengalamannya dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Kreatif (KEK) Sei Mangke diharapkan bisa memberikan ide dan masukan positif kepada DRD Kota Medan dalam rangka menyusun kerangka riset yang tepat untuk pengembangan Kota Medan sendiri di masa depan sebagai kota yang smart, bebas macet, bebas sampah dan juga bebas banjir.

PTPN III Sumatera Utara sendiri adalah salah satu BUMN yang bergerak dibidang perkebunan dengan fokus produksi pada karet dan kelapa sawit dan tengah terlibat dalam berbagai pengembangan daerah salah satunya KEK Sei Mangke.

“PTPN III Sumut saat ini mengelola 13 PTPN lainnya yang ada di bawah koordinasinya. Dirinya juga menjelaskan pengalaman PTPN III dalam mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke sebagai suatu daerah yang menyimpan potensi pertumbuhan pembangunan yang luar biasa,” ujar Direktur Produksi dan Pengembangan PTPN III Sumut, Alexander Maha.

Ia berharap kedatangan Balitbang dan DRD Kota Medan yang untuk menjalin hubungan kemitraan dalam ide pengembangan Kota Medan bisa menghasilkan berbagai penelitian-penelitian yang akan berdampak luas dan positif terhadap kebutuhan pembangunan Kota Medan di masa depan.




Alex menjelaskan bahwa perencanaan pembangunan suatu daerah tentu untuk mengarahkan daerah tersebut ke arah yang lebih baik, namun yang terpenting dalam pengembangan suatu kota adalah clean government serta good will yang baik dari pemerintah daerahnya itu sendiri.

“Jika memang semua menganggap bahwa menjalankan roda pemerintahan itu adalah amanah dari Tuhan dan masyarakat maka niscaya pembangunan kota masa depan yang diharapkan bisa terwujud,” timpalnya.

Dirinya menambahkan bahwa PTPN III Sumut siap menjadi mitra Pemko Medan dan DRD Kota Medan dalam mencari solusi-solusi terbaik untuk merencanakan pengembangan Kota Medan yang lebih baik lagi di masa depan.


Leave a Reply