Wali Kota dan Ketua TP PKK Tanaman Pohon Manggis

0
213

NELSON GINTING. MEDAN. Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani melakukan penanaman pohon di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Kampung Tua Nongsa, Desa Bale-Bale, Batam [Rabu 19/4] petang. Penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Raker Komwil I APEKSI) di Batam yang akan dibuka esoknya [Kamis 20/4].

Penanaman pohon ini merupakan agenda rutin yang dilakukan APEKSI disela-sela raker dalam upaya mendukung penghijauan. Wali Kota dan Ketua TP PKK menamam pohon manggis (garcinia mangostan). Dimana diketahui pohon ini merupakan jenis tanaman yang memiliki kadar antioksidan tertinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Selain Wali Kota Medan, tampak sejumlah Wali Kota yang tergabung dalam Komwil I APEKSI seperti Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, Wali Kota Tanjung Balai, M Syahrial serta Wali Kota Gunung Sitoli, Lakhomizaro Zebua ikut melakukan penanaman pohon didampingi istri masing-masing.

Ratusan siswa MAN Batam menyaksikan penanaman pohon yang dilakukan di halaman sekolah mereka. Eldin sangat mendukung penanaman pohon ini, sebab halaman MAN terlihat cukup gersang. Diharapkan, penanaman pohon ini nantinya akan membuat halaman sekolah menjadi lebih rindang dan hijau.

Menurut Eldin, dipilihnya pohon manggis untuk ditanam karena memiliki manfaat kesehatan yang cukup tinggi. Di samping itu manggis juga sangat baik untuk tanaman penghijauan, selain memiliki batang yang cukup tinggi dan kuat, daunnya juga sangat lebat.

“Semoga tanaman manggis ini bisa memberikan manfaat bagi siswa maupun warga sekitarnya,” kata Wali Kota.




Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan ini, sangat akrab dengan penghijauan. Itu sebabnya dalam setiap kegiatan, sering kali Wali Kota mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan penghijauan, minimal menanam pohon di pekarangan rumahnya masing-masing. Dia yakin jika masyarakat melakukan itu, Kota Medan bisa hijau.

Oleh karenanya setiap kali menggelar gotong royong, Wali Kota selalu merangkaikannya dengan penanaman pohon. Di samping itu melalui SKPD terkait, Eldin sering menginstruksikan untuk membagikan bibit gratis kepada masyarakat.

“Tanpa dukungan masyarakat, sulit bagi kita untuk menjadikan Kota Medan lebih hijau ke depannya,” ungkapnya.

Penanaman pohon ini mendapat apresiasi penuh dari siswa maupun warga sekitar. Mereka mengucapkan terima kasih karena kawasan itu akan lebih hijau. Untuk itu mereka berjanji akan menjaga dan merawat pohon yan ditanam para wali kota bisa tumbuh dan berkembang. Saat melakukan penanaman pohon, Wali Kota dan Ketua TP PKK Kota Medan turut didampingi Asisten Pemerintahan, Musadad Nasution, Kadis Pendidikan, Hasan Basri, serta Kadis Perhubungan, Renward Parapat .









Leave a Reply