M. IKHSAN. ISTANBUL. Gubsu (H T Erry Nuradi) melakukan lawatan ke Turki dalam rangka melepas kapal pembangkit listrik, Marrine Vessel Power Plant (MVPP) terbesar di dunia [Sabtu 22/4].

‘’Saya berada di Turki untuk melihat langsung kapal pembangkit listrik, Marrine Vessel Power Plant (MVPP) terbesar di dunia yang disewa PLN dalam acara serah terima di Pelabuhan Turki,’’ ujar Gubsu.

Dia mengatakan ini bentuk keseriusan pemerintah dalam upaya mengatasi persoalan kelistrikan khususnya di Sumatera Utara.

“Alhamdulilah, sudah selesai dan akan berangkat dari Istanbul, Turki menuju Belawan untuk memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera. Direncanakan tiba di Belawan satu bulan ke depan,’’ sebut Erry.




Menurut Gubsu, kapal berkapasitas 240 Megawatt (MW) ini tentunya dapat menutupi defisit listrik 100 MW di Sumatera Utara.

“Kedatangan kapal pembangkit listrik tersebut akan bersamaan dengan transmisi 275 Kilovolt yang menjadi bagian dari proyek Tol Listrik Sumatera dan dapat dioperasikan untuk mengevakuasi daya dari Sumatera Bagian Selatan dan Tengah ke Sumatera Bagian Utara sebesar 200 Megawatt,’’ ucap Erry.

Selanjutnya Gubsu berharap, dengan adanya kapal listrik Turki dan Tol Listrik ini, nantinya tidak ada lagi masalah pemadaman yang dikeluhkan masyarakat di Sumut.

“Namun, kalau pun ada pemadaman itu mungkin dikarenakan masalah teknis, seperti mesin rusak, instalasi listrik tumbang dan masalah teknis lainnya. Kita optimis kerjasama PLN dan Pemprov Sumut dapat semakin paten ke depan,” tutur Erry.




Gubsu menambahkan, ketersediaan listrik yang cukup di Sumut akan lebih memajukan Sumut ke depan.

“Saya yakin, para investor, kalangan industri dan pelaku usaha lainnya berlomba-lomba berinvestasi di Sumut tak lain dikarenakan listriknya cukup,’’ tandas Erry.

Dalam kunjungan kerja ke Turki tersebut, Gubsu didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hidayati, Kepala Bappeda Irman dan Kepala Dinas Pendidikan Sumut Arsyad Lubis bersama pimpinan PT PLN (Persero) Sumut dan pusat.


Leave a Reply