EMMY F. PURBA. KABANJAHE. PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung mengeluarkan peringatan dini atau rekomendasi mengenai bahaya yang dapat terjadi terkait dengan fenomena gunung ini saat ini serta bagaimana cara menghindarinya.

Peringatan pertama yang disampaikan adalah pengulangan dari peringatan yang sudah sering mereka ulang-ulangi yang agar menghindari Zona Bahaya. Peringatan lainnya adalah terkait munculnya danau baru akibat aliran sungai Lau Borus yang terbendung.




“Masyarakat dan pengunjung/ wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur G. Sinabung. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunungapi Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar,” tutur Deri Al Hidayat AMd, petugas PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung kemarin [Minggu 23/4].

Adapun mengenai terbentuknya bendungan Sungai Lau Borus yang menjadi danau, Deri Al Hidayat mengatakan agar penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Lau Borus tetap menjaga kewaspadaan.

“Bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar/ banjir bandang ke hilir,” tegas Deri.

Deri juga mengingatkan agar BPBD Kabupaten Tanah Karo segera melalukan sosialisasi ancaman bencana lahar/ banjir bandang ini ke penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Lau Borus.

MARI KITA BERPIKIR DGN JERNIH….APA UNTUNGNYA KITA MENDATANGI KAWASAN BERBAHAYA DAN MAUT MENUNGGU KITA…..APA RUGINNYA BILA KITA MENGHINDARINYA………MARILAH JAUHI DAMPAK BAHAYA YG TIDAK TAU KAPAN YG AKAN TERJADI.SAYA MENGHIMBAU DGN HATI YG TULUS DAN PEDULI DGN PENUH KASIH SAYANG DEMI MENJAGA KESELAMATAN KITA BERSAMA…….MARI KITA BERSAMA SAMA MELARANG ORG YG AKAN MEMASUKI KAWASAN MALA PETAKA…LEBIH BAIK HINDARI DARIPADA MENYESAL…PENYESALAN YG TIDAKNBERARTIMENURUTI HIMBAUAN AGAR JANGAN MASUK SANGATLAH BERMAMPAT AGAR KITA SELAMAT….MARI KITA BERSABAR UNTUK SEMENTARA WAKTU MASIH ADA HARI ESOK UNTUK BERKUNJUNG YG MUNKIN LEBIH INDAH DAN TERPESONA….KARNA JALUR INI JALUR AWAN PANAS YG TERUS MENERUS TURUN DARI PUNCAK….AKIBAT PENAHAN TIDAK ADA LAGI MAKA LUNCURAN MAKIN JAUH DAN LEBIH BESAR.DARI YG LAINNYA.

Posted by Pelin Depari on Sunday, April 16, 2017









Leave a Reply